Kelompok Binaan Pertagas di Desa Gajah Mati Jadi Relawan Cegah COVID-19


Musi Banyuasin, OG Indonesia -- Kelompok Karang Taruna Gajah Mati di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, penerima manfaat CSR PT Pertamina Gas di wilayah Pertagas Operation Central Sumatera Area ikut andil dalam pencegahan COVID-19 di daerahnya. Selain menjadi relawan pengecekan di pintu masuk desa, 15 anggota kelompok juga terlibat dalam penyosialisasian upaya pencegahan COVID-19 di Desa Gajah Mati. 


"Selama satu bulan terakhir kami aktif jadi relawan untuk cegah COVID-19,” ujar Ketua Karang Taruna Gajah Mati, Nurjaya, Selasa (12/5/2020).

Selain membagikan masker,  para relawan ini juga bertugas melakukan pengecekan suhu terhadap warga yang melintas di desanya. Mereka, lanjut Nurjaya, juga turut membantu membagikan masker bantuan dari Pertagas untuk dibagikan kepada warga. “Kami ikut sosialiasi ke warga untuk pakai masker dan jaga jarak agar mecegah penyebaran virus ini,” ujarnya. 

Manager Communication Relations & CSR Pertagas Zainal Abidin mengatakan, pihaknya memang selalu mendorong dan memotivasi anggota kelompok binaan untuk tetap aktif di tengah pandemik. Meski saat ini wisata Embung Senja yang dikelola oleh kelompok ini tutup karena diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), pihaknya mengapresiasi karena anggota kelompok tetap tidak putus asa. 

“Kita apresiasi karena teman-teman tetap mau bekerja meski harus beralih di sektor informal lain dan tetap aktif berkarya karena Kawasan wisata yang dikelola memang tidak boleh buka,” ujarnya. 

Padahal, kata Zainal, selama 3 bulan dibina oleh Pertagas, kelompok ini telah menunjukkan kemajuan. Di akhir Maret lalu, kegiatan wisata Embung Senja telah menghasilkan laba bersih sebesar Rp. 7,6 juta rupiah yang dibagikan untuk anggota kelompok. “Semoga wabah COVID-19 segera berlalu, dan aktivitas bisa kembali berjalan dengan baik,” harap Zainal.

Selama masa pandemik COVID-19, Pertagas juga ikut menyalurkan bantuan berupa sembako kepada warga terdampak COVID-19 di Desa Gajah Mati. Di sisi lain, Pertagas juga memberikan bantuan berupa masker dan disinfektan kepada kelompok dan warga setempat. R3
Kelompok Binaan Pertagas di Desa Gajah Mati Jadi Relawan Cegah COVID-19 Kelompok Binaan Pertagas di Desa Gajah Mati Jadi Relawan Cegah COVID-19 Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Mei 12, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.