Pekerja Pertamina Mulai Gulirkan Bantuan Sembako untuk Masyarakat Terdampak COVID-19


Jakarta, OG Indonesia -- Di tengah situasi pandemi COVID-19 dan anjloknya harga minyak dunia, perusahaan migas dituntut untuk melakukan efesiensi dan penyesuaian anggaran, termasuk Pertamina. Tapi kendati harus mengupayakan efisiensi, Pertamina ternyata masih rajin memberikan berbagai bantuan terutama untuk penanganan wabah korona dan menolong warga masyarakat yang terdampak karenanya.

Dikatakan Arie Gumilar, Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB), bantuan-bantuan yang diberikan Pertamina untuk masyarakat Indonesia memang sudah menjadi tugasnya sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

"Kenapa (Pertamina) kok masih gencar melakukan bantuan-bantuan? Ya memang sebagai BUMN, tugas menurut UU Nomor 19 Tahun 2003 salah satunya mendorong terciptanya stabilitas perekonomian nasional," tegas Arie dalam diskusi online bertajuk "Apa Kabar Energi Bangsa di Tengah Pandemi?" di kanal YouTube "Saiful Muhjab", Kamis (30/4/2020) malam.

Arie menyampaikan, Pertamina sebagai BUMN terbesar di Indonesia harus berperan terkait dengan tugas tersebut. Diungkapkan olehnya, Pertamina telah menggelontorkan lebih dari Rp 500 miliar untuk penanganan masalah COVID-19 ini. "Pertamina sebagai BUMN terbesar tentunya menjadi andalan, (karena) dari arus kas keuangannya dianggap paling mampu. Makanya Pertamina selalu hadir di dalam setiap kegiatan Pemerintah seperti dalam penanggulangan COVID-19," terangnya.

Ia pun membeberkan contohnya, seperti mentransformasikan Rumah Sakit Pertamina Jaya untuk menangani pasien COVID-19. Lalu Pertamina juga sudah membangun rumah sakit darurat modular untuk penanganan COVID-19 di depan Hotel Patra Jasa, dan menyusul di kawasan Pertamina Simprug. Belum lagi berbagai bantuan APD untuk tenaga medis, sampai masker, hand sanitizer, hingga tempat cuci tangan portable yang disalurkan Pertamina dan anak-cucu perusahaan, serta para pekerjanya untuk diberikan kepada berbagai kalangan masyarakat.

"Dan ini tidak berhenti. Dari kita di organisasi serikat pekerja, FSPPB, masih terus melakukan penggalangan dana dari pekerja yang nantinya mungkin akan kita salurkan juga menjadi bantuan ke masyarakat," tuturnya. "Kemarin kita sudah diskusi, mungkin ke depan bentuk bantuannya kita evaluasi lagi, ke depannya kita akan berikan bantuan ke arah bantuan sembako," ungkap Arie. RH

Pekerja Pertamina Mulai Gulirkan Bantuan Sembako untuk Masyarakat Terdampak COVID-19 Pekerja Pertamina Mulai Gulirkan Bantuan Sembako untuk Masyarakat Terdampak COVID-19 Reviewed by OG Indonesia on 09.44 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.