Kuartal I 2020, Elnusa Raup Laba Bersih Rp 51,8 Miliar


Jakarta, OG Indonesia -- PT Elnusa Tbk (Elnusa), menghadapi berbagai tantangan sepanjang kuartal I 2020, mulai dari penurunan harga minyak mentah yang terjun pada kisaran level US$20 per barel, pandemi COVID-19, serta merosotnya nilai tukar rupiah. 


Dikatakan Hery Setiawan, Direktur Keuangan Elnusa, kendati berbagai tantangan berat tersebut muncul secara bersamaan, Elnusa tetap mencatatkan kinerja positif. Pendapatan usaha tumbuh 8,1% year on year (yoy), dari Rp 1,9 triliun pada kuartal I 2019 menjadi Rp 2,06 triliun pada kuartal I 2020. 

“Tantangan pada kuartal ini sangat berat. Karena secara bersamaan ada tiga faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja Perseroan. Namun dengan strategi jitu dan adaptasi terhadap faktor makro eksternal tersebut, kami tetap tumbuh dan menorehkan kinerja positif," jelas Hery dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/6/2020).

Dipaparkan Hery, strategi Elnusa dalam menghadapi tantangan tersebut adalah terus mengoptimalkan diversifikasi portofolio yang dimiliki. Sebagai perusahaan jasa energi, Elnusa memiliki kompetensi yang lengkap dari hulu hingga hilir migas. Keberagaman portofolio jasa ini saling menopang satu sama lain dan mendukung capaian konsolidasi perusahaan.

"Jasa hulu migas serta jasa distribusi dan logistik energi menunjukkan daya tahan performanya. Walau berbagai faktor eksternal sangat mempengaruhi, namun pendapatan usaha yang dikontribusikan dari kedua segmen tetap membuat Elnusa bertumbuh," terangnya.

Secara komposisi terhadap total pendapatan, jasa hulu migas memberikan kontribusi sebesar 55%, jasa distribusi dan logistik energi 40% dan sisanya 5% berasal dari jasa penunjang. 

Pada segmen jasa hulu migas, pertumbuhan pendapatan dihasilkan melalui berbagai pekerjaan berbasis aset maupun nonaset production, operation & maintenance services yang terutilisasi maksimal. Ditopang pula oleh pekerjaan jasa survei seismik untuk penemuan cadangan migas raksasa KKP Jambi Merang. Sementara pada segmen jasa distribusi dan logistik energi, didukung oleh berbagai lini jasa transportasi BBM maupun pengelolaan depo.

Atas berbagai upaya yang telah dilakukan, Hery mengungkapkan Elnusa dapat meraih laba bersih Rp 51,8 miliar pada kuartal pertama ini. "Hasil positif ini merupakan upaya terbaik ditengah berbagai tantangan faktor eksternal," tambah Hery.

Sementara itu, saat ini Elnusa tengah mengkaji berbagai strategi dalam menghadapi tantangan normal baru ke depan. Mengajak mitra kerja untuk sharing the pain maupun supply chain financing, mengkaji ulang rencana investasi, hingga lebih selektif dalam pemilihan pekerjaan. "Berbagai upaya ini merupakan komitmen kami untuk terus dapat bertumbuh," pungkas Hery. (R3/Migas Indonesia)
                                                                                
Kuartal I 2020, Elnusa Raup Laba Bersih Rp 51,8 Miliar Kuartal I 2020, Elnusa Raup Laba Bersih Rp 51,8 Miliar Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Juni 16, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.