Chevron Gandeng Dompet Dhuafa Bangun Pustu Plus di Lombok Utara


Lombok Utara, OG Indonesia -- Sebagai upaya pembangunan kesehatan yang berkelanjutan, PT. Chevron Pacific Indonesia berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, melakukan upaya aktif dengan membangun infrastruktur sarana kesehatan publik berupa Puskesmas Pembantu Plus (Pustu Plus). Sarana kesehatan tersebut berdiri megah di Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Nasyith Majidi, selaku Ketua Yayasan Dompet Dhuafa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Bupati dan Chevron yang bergandengan tangan dengan Dompet Dhuafa mengerjakan pembangunan Pustu Plus tersebut. "Pembangunan Pustu ini lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan. Semoga kerja sama kedepan semakin erat untuk mengerjakan yang lebih baik," ucap Nasyith dalam peresmian online Pustu Plus pada Senin (27/2/2020).

Pembangunan Pustu tersebut, lanjut Nasyith, melibatkan masyarakat sekitar yang digawangi oleh DD Konstruksi, yang merupakan unit usaha sosial Dompet Dhuafa. "Ini sebagai wujud penyempurnaan sarana layanan kesehatan yang ada di masyarakat yang disediakan oleh pemerintah. Dompet Dhuafa melengkapi fasilitas yang telah ada. Semoga Pustu tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat dalam mendapatkan kesehatan yang merata,” tambahnya.

Keberadaan Pustu Medana diharapkan menjadi fasilitas layanan kesehatan tingkat pratama yang melakukan upaya kesehatan dalam bentuk promotif, preventif dan rehabilitatif yang merupakan Pustu pertama di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kemudian juga menyediakan layanan dokter, perawat dan bidan di satu lokasi, sehingga memungkinkan pelayanan tersedia 24 jam bila dalam keadaan darurat. Selain itu bangunan Pustu dirancang dengan struktur yang ramah gempa, mudah diakses bagi penyandang disabilitas dan orang-orang berusia lanjut.

Dr. Lalu Bahrudin, selaku Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara, menyampaikan terima kasih kepada Chevron dan Dompet Dhuafa atas terbangunnya pustu di Lombok Utara pasca gempa. "Ini adalah terobosan dan upaya dari pemerintah dan masyarakat luas. Pustu plus hadir sebagai pelayanan terpadu dari sumber daya kesehatan yang dimiliki. Semoga pustu plus dapat dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, oembangunan Pustu Medana dicanangkan pada akhir September 2019, ditandai dengan peletakan batu pertama dan dihadiri oleh  Bupati Lombok Utara, Kepala Dinas Kesehatan, Sr. VP Corporate Affairs Chevron dan Ketua Yayasan Dompet Dhuafa. Peralatan medis yang memadai juga dihadirkan untuk mendukung operasional Pustu Medana. Dana pembangunan Pustu berasal dari sumbangan para karyawan Chevron yang bekerja di Riau, Kalimantan Timur dan Jakarta.

“Pustu ini bagian dari empati kita pasca gempa yang berimbas bagi masyarakat Lombok Utara. Ada hal yang perlu diperhatikan dalam rekontruksi pasca bencana dan hari ini pustu yang kita harap sebagai pendongkrak kegiatan selepas gempa di Lombok Utara, dapat termanfaatkan dengan baik," jelas Wahyu Budiarto, SR.VP Corporate AFFAIRS PT Chevron Pacific Indonesia (CPI). 

Sementara itu Raden Nurjati, Sekretaris Daerah Lombok Utara, mengatakan keberadaan pustu plus ini sangat diharapkan pihaknya agar dapat digunakan oleh masyarakat semaksimal mungkin. "Akan lebih nyaman dalam pelayanannya, keberadaan pustu dapat dimaksimalkan oleh masyarakat terutama dalam pelayanan kesehatan. Mengharapkan pembangunan pustu Medana, mungkin bisa bekerja sama di sektor-sektor lainnya terutama di infrastruktur Lombok Utara,” kata Raden. R3

Chevron Gandeng Dompet Dhuafa Bangun Pustu Plus di Lombok Utara Chevron Gandeng Dompet Dhuafa Bangun Pustu Plus di Lombok Utara Reviewed by OG Indonesia on Senin, Juli 27, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.