Proyek-proyek Pertamina Telah Gunakan TKDN 32-35 Persen

Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero)

Jakarta, OG Indonesia -- Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkapkan Pertamina telah menggunakan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sekitar 32-35 persen dari berbagai proyek yang dijalankannya.

"Kalau untuk proyek, TKDN kan minimal 30 persen standarnya, tetapi untuk proyek-proyek kita sekarang berkisar antara 32 sampai 35 persen actual-nya," jelas Nicke kepada wartawan dalam konferensi pers virtual selepas acara penandatangan perjanjian potensi kerja sama antara Pertamina dengan 3 BUMN galangan kapal di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Untuk kerjasama dengan 3 BUMN galangan kapal tersebut, Pertamina sendiri berharap bisa mengoptimalkan TKDN. "Kita masuk TKDN-nya mulai dari tahap design, ini yang akan kita kawal betul. Bukan hanya dalam bentuk barang, kita inginnya juga dari material, jasa, itu kita detailkan betul dari porsi TKDN-nya," tuturnya.

Nicke menjelaskan bahwa regulasi dari Pemerintah sudah mendorong percepatan pemanfaatan TKDN. Namun tentunya semuanya disesuaikan dengan kesiapan dan kemampuan dari industri dalam negeri. 

"Kita tidak bisa juga menetapkan angka (TKDN) yang ternyata kemampuannya belum siap, nanti malah mempersulit kita juga sendiri. Jadi perlu dua arah, dari sisi suplai dan dari sisi ketentuan kita," paparnya. (RH Migas Indonesia)
Proyek-proyek Pertamina Telah Gunakan TKDN 32-35 Persen Proyek-proyek Pertamina Telah Gunakan TKDN 32-35 Persen Reviewed by OG Indonesia on 14.12 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.