Survei Seismik 2D KKP Jambi Merang Telah Capai 92,5 Persen


Jakarta, OG Indonesia -- Di tengah kondisi pandemi COVID-19, SKK Migas dan KKKS berhasil tetap merealisasikan kegiatan survei seismik 2D sepanjang 30 ribu kilometer. Kegiatan ini merupakan yang terpanjang di Asia Pasifik. 

Dijelaskan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, sampai Juni 2020, KKP Jambi Merang dengan menggunakan kapal ELSA Regent milik PT Elnusa Tbk telah berhasil melakukan perekaman sepanjang 27.736 kilometer atau mencapai 92,5 persen. Perekaman selanjutnya akan dilakukan di Natuna. 

"Kegiatan ini diharapkan tidak hanya menambah potensi penemuan migas, tetapi semakin memperkuat kedaulatan Indonesia di daerah yang kaya sumber daya alam dan berdekatan dengan wilayah konflik antar negara di laut China Selatan," kata Dwi Soetjipto dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (17/7/2020). 

Ditambahkan Dwi, pengeboran sumur eksplorasi juga terus dilakukan. Di mana sepanjang semester pertama tahun 2020 terdapat 3 (tiga) sumur temuan, yaitu Sumur PB-1, Bronang dan Wolai. "SKK Migas bersama KKKS masih melakukan serangkaian tes untuk memastikan sumber daya dari ke 3 sumur tersebut, dan data sementara diperoleh terdapat tambahan sumber daya sebesar 98 MMBOE dari ke 3 sumur tersebut," terangnya. 

Sejumlah pengeboran sumur eksplorasi juga dilakukan di beberapa wilayah lainnya. Salah satunya terdapat temuan baru, yaitu Sumur Akasia Prima-1 (AKP-1) yang merupakan sumur eksplorasi PT Pertamina EP yang berlokasi di Jawa Barat. Sumur AKP-1 memiliki target untuk membuktikan keberadaan hidrokarbon minyak dan gas dari Level Formasi Jati Barang, Formasi Lower Cibulakan dan Formasi Upper Cibulakan, dengan sumberdaya Pre-drill (P50) sebesar 75 MMBO dan 10,3 BCFG. Saat ini, sumur AKP-1 sedang melakukan uji kandungan lapisan (DST). 

SKK Migas bersama KKKS juga berhasil mempercepat proses Plan Of Development (POD). Kegiatan ini merupakan upaya untuk mempertahankan cadangan migas secara berkelanjutan dengan target Reserve Replacement Ratio (RRR) mencapai 100 persen setiap tahunnya. Sampai akhir Juni 2020, capaian RRR sebesar 50 persen dari penyelesaian 8 POD. 

Ditargetkan pada akhir tahun 2020 nanti terdapat 29 POD yang disetujui, dan menghasilkan RRR sebesar 128 persen.  “Ini menandai keberhasilan SKK Migas mempertahankan capaian RRR di atas 100 persen selama tiga tahun berturut-turut,” kata Deputi Perencanaan SKK Migas, Jaffee A. Suardin.

Selain itu, SKK Migas juga terus berupaya mempercepat penyelesaian proyek. Meskipun ada yang tertunda, tidak ada proyek hulu migas yang berhenti. "Dari perencanaan proyek onstream 2020 sebanyak 12 proyek, realisasi sampai akhir tahun akan berjumlah 14. Penambahan dapat dilakukan karena terdapat proyek yang penyelesaiannya dapat dipercepat dari tahun 2021 ke tahun 2020," tutup Jaffee. (RH/Migas Indonesia)




Survei Seismik 2D KKP Jambi Merang Telah Capai 92,5 Persen Survei Seismik 2D KKP Jambi Merang Telah Capai 92,5 Persen Reviewed by OG Indonesia on 15.30 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.