Ridwan Djamaluddin, Mantan Deputi Luhut Jadi Dirjen Minerba

Ridwan Djamaludin, Dirjen Minerba yang baru (kiri) saat
serah terima jabatan dengan Plt Dirjen Minerba Rida Mulyana.

Jakarta, OG Indonesia -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pada hari ini, Senin (10/8/2020) melantik Ridwan Djamaluddin sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) yang baru. Sebelumnya, Ridwan menempati posisi Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi pada Kemenko Kemaritiman dan Investasi yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan.


Arifin Tasrif dalam sambutannya menitipkan pesan kepada Dirjen Minerba untuk menjaga integritas dalam menjalankan jabatan. “Untuk Dirjen Minerba dan jajarannya, diharapkan mampu melaksanakan hilirisasi minerba, pengelolaan perizinan pertambangan, pengawasan pertambangan, pembinaan inspektur tambang, dan segera menyiapkan peraturan pelaksanaaan UU Minerba,” pesan Arifin.

Setelah menghadiri Acara Pelantikan di Kantor Kementerian ESDM, Ridwan menghadiri Acara Pisah Sambut Dirjen Minerba di Kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara. Acara bertajuk serah terima jabatan antara Rida Mulyana selaku Pelaksana Tugas Dirjen Minerba kepada Ridwan selaku Dirjen Minerba yang baru.

Dalam sambutannya, Rida memberikan selamat kepada Ridwan, yang merupakan teman satu angkatan di kampus, atas jabatan yang diemban saat ini. “Saya sudah kenal dengan Pak Dirjen, dari lama, dan saya yakin beliau punya visi yang jelas di Minerba ini,” jelas Rida. 

Ridwan sendiri berharap dalam segala pekerjaan atau permasalahan di sub sektor Minerba dapat dengan tuntas dikerjakan apabila dikerjakan secara bersama-sama. “Tentu saja saya bukan orang yang paling pintar di ruangan, ada Bapak dan Ibu yang tentunya sudah bertugas lebih dulu dari saya, dan tentunya saya akan banyak belajar dari Bapak/Ibu,” ungkap Ridwan.

Penunjukan Ridwan selaku Dirjen Minerba merupakan hasil lelang jabatan yang dibuka oleh Kementerian ESDM sejak Bulan Juni 2020. Lelang terbuka Dirjen Minerba dilaksanakan setelah pensiunnya Dirjen Minerba sebelumnya, Bambang Gatot Ariyono, terhitung sejak tanggal 30 April 2020. Setelah Bambang pensiun, jabatan Pelaksana Tugas Dirjen Minerba dipegang sementara oleh Rida Mulyana yang juga Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

Bersamaan dengan dilantiknya Ridwan Djamaluddin, dilantik juga dua Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (eselon 1) yaitu Eko Budi Lelono sebagai Kepala Badan Geologi, dan Prahoro Yulijanto Nurtjahyo sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral. Sementara satu orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon 2) juga dilantik yaitu Lana Saria, sebagai Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara. R2
Ridwan Djamaluddin, Mantan Deputi Luhut Jadi Dirjen Minerba Ridwan Djamaluddin, Mantan Deputi Luhut Jadi Dirjen Minerba Reviewed by OG Indonesia on 22.33 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.