Semester I 2020, Laba Bersih Elnusa Terkoreksi 16% Dibanding Tahun Lalu


Jakarta, OG Indonesia -- Di tengah tantangan triple shock, PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi mencatatkan laba bersih Rp 130 miliar pada semester I 2020 ini. Hasil ini terkoreksi 16% bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 150 miliar.

"Tidak mudah untuk tetap mencatatkan pertumbuhan laba bersih di tengah kondisi makro yang kurang menentu saat ini. Namun demikian kami tetap mencatatkan hasil kinerja positif. Komitmen ini yang akan terus kami tingkatkan, sehingga capaian positif ini tetap terjadi hingga akhir tahun," ucap Hery Setiawan, Direktur Keuangan Elnusa dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/8/2020). 

Untuk pendapatan usaha, Elnusa mengalami peningkatan 3,3% year on year (yoy), dari Rp 3,8 triliun pada semester I 2019 menjadi Rp 3,9 triliun pada semester I 2020. Sementara laba bruto tumbuh 9,6% dari Rp 383 miliar menjadi Rp 419 miliar. Sedangkan laba operasi naik signifikan 10% dari Rp 236 miliar menjadi Rp 260 miliar.

"Triple shock yang kami hadapi saat ini sangat menantang. Jasa hulu migas Elnusa mendapatkan tekanan fluktuasi harga migas, jasa distribusi dan logistik energi berhadapan dengan perubahan konsumsi BBM nasional akibat pandemi COVID-19 dan terdapat pula pelemahan nilai kurs rupiah yang juga mempengaruhi kinerja keuangan Perseroan. Namun demikian, kami tetap mampu menjaga pertumbuhan pendapatan usaha, laba bruto maupun laba operasi dengan baik," lanjut Herry.

Secara segmentasi, jasa hulu migas mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan yaitu sebesar 25% bila dibandingkan semester I 2019. Peningkatan ini ditopang banyaknya permintaan jasa pengelolaan dan perawatan sumur migas serta jasa engineering, procurement, construction, operation & maintenance (EPC-OM). Secara konsolidasi, kontribusi segmen jasa hulu migas pada semester I 2020 ini mencapai 54%, jasa distribusi dan logistik energi 42%, serta jasa penunjang 4%.

“Kenaikan pendapatan usaha pada semester ini merupakan bukti bahwa Elnusa semakin kokoh dalam menapaki bisnis jasa migas. Kami optimis diversifikasi portofolio yang dimiliki akan saling menopang satu sama lain dan mampu menjaga pertumbuhan kinerja hingga akhir tahun,” pungkasnya. (R3/Migas Indonesia)
Semester I 2020, Laba Bersih Elnusa Terkoreksi 16% Dibanding Tahun Lalu Semester I 2020, Laba Bersih Elnusa Terkoreksi 16% Dibanding Tahun Lalu Reviewed by OG Indonesia on Senin, Agustus 03, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.