Terlempar dari Fortune 500, Pertamina Klaim Kinerjanya Tetap Sejajar Perusahaan Dunia

Foto: Hrp

Jakarta, OG Indonesia -- Fortune baru saja merilis daftar Fortune Global 500 untuk tahun 2020 ini. Namun, PT Pertamina (Persero) yang bisa masuk posisi 175 dalam daftar bergengsi tersebut pada tahun lalu, kini harus terlempar. Fortune Global 500 adalah ajang tahunan yang dilakukan oleh majalah Fortune, dengan tolak ukur utama di antaranya besaran pendapatan. 

Fajriyah Usman, VP Corporate Communication Pertamina mengungkapkan keyakinannya bahwa Pertamina bisa masuk kembali daftar tersebut di masa depan. Keyakinan ini mengacu pada kinerja tahun 2019, di mana pendapatan mencapai US$ 54,58 miliar dan laba US$ 2,5 miliar. 

"Tahun ini Pertamina tidak terdaftar dalam pemeringkatan Fortune Global 500, namun dengan total pendapatan mencapai US$ 54,58 miliar, kinerja Pertamina menyamai perusahaan dunia yang menempati posisi 198, yaitu Nippon Steel Corporation dengan pendapatan US$ 54,45 miliar," tegas Fajriyah dalam keterangannya, Jumat (14/8/2020).

Di bawah peringkat 198 tersebut, terdapat beberapa perusahaan global terkenal lainnya, seperti Goldman Sachs Group, Morgan Stanley, Caterpillar, dan LG Electronic yang berada di posisi 202 - 207 dengan pendapatan sekitar US$ 53 miliar. Sementara perusahaan energi dunia lainnya seperti Repsol dan ConocoPhilips bahkan berada di peringkat 245 dan 348.   

Fajriyah menuturkan, tahun mendatang Pertamina yakin dapat kembali tercatat dalam daftar Fortune Global 500 dengan posisi yang lebih tinggi.  

“Restrukturisasi yang dijalankan Pertamina saat ini merupakan bagian dari transformasi bisnis sebagaimana perusahaan energi kelas dunia untuk meningkatkan nilai perusahaan. Dengan dukungan semua pihak, Pertamina berharap aspirasi sebagai global energy champion dapat tercapai dan mampu menempatkan BUMN ini di posisi 100 Fortune Global,” ujar Fajriyah. 

Upaya pencapaian aspirasi ini juga didorong salah satunya dengan implementasi New Pertamina Clean yang merupakan komitmen manajemen dan seluruh pekerja Pertamina untuk terus berintegritas tinggi, bersih dan transparan. (R3/Migas Indonesia)






Terlempar dari Fortune 500, Pertamina Klaim Kinerjanya Tetap Sejajar Perusahaan Dunia Terlempar dari Fortune 500, Pertamina Klaim Kinerjanya Tetap Sejajar Perusahaan Dunia Reviewed by OG Indonesia on Jumat, Agustus 14, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.