Pustaka Digital Cerdas ala PDC Bantu Siswa Bengkalis Belajar di Tengah Pandemi


Bengkalis, OG Indonesia --
Pandemi COVID-19 telah berdampak ke sektor pendidikan. Demi mengurangi penyebaran COVID-19, Pemerintah menerapkan strategi belajar social distancing dengan menutup aktivitas belajar di sekolah secara langsung. Strategi belajar secara online atau daring dari rumah pun diterapkan.

Namun, penyesuaian kebijakan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 ini kerap terkendala akses ke sumber belajar, baik karena masalah jangkauan listrik, internet, maupun dana untuk aksesnya. Hal ini pula yang dialami masyarakat yang berada di Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, yang berdekatan dengan lokasi Yard milik Patra Drilling Contactor (PDC), anak perusahaan dari PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI).

Melihat kondisi ini, PDC telah menggulirkan program Pustaka Digital Cerdas dan Gaya Hidup Sehat yang diperuntukkan bagi para siswa SD hingga SMA. Program ini berupa penyediaan sarana pembelajaran jarak jauh dengan metode atraktif. Banyak fasilitas yang diberikan oleh program ini, mulai dari buku-buku pembelajaran, audio visual, jaringan internet serta sarana pembelajaran lainnya. Pustaka Digital Cerdas ini juga dilengkapi 1 unit LED Smart TV, 4 unit laptop, 2 unit tablet berserta kuota intenet, sarana pembelajaran edukatif, sarana e learning dan video edukatif lainnya.

Corporate Secretary PDC, Budhi Kristianto mengungkapkan bahwa Pustaka Digital Cerdas digulirkan untuk memberikan kemudahan akses pendidikan di tengah pandemi COVID-19. "Ini sekaligus upaya kami membantu meningkatkan literasi siswa di daerah yang membutuhkan akses jaringan internet, khususnya wilayah di mana kami beroperasi," jelas Budhi dalam keterangan yang diterima OG Indonesia, Minggu (27/9/2020).

Lebih lanjut Budhi mengatakan, Pustaka Digital Cerdas hadir untuk mempermudah akses pendidikan di sekitar lokasi operasi PDC di mana masyarakat di sana mayoritas bekerja sebagai buruh harian dan rata–rata akses pendidikan di wilayah tersebut juga terbatas. "Kondisi saat ini, fasilitas pembelajaran jarak jauh sangat terbatas, di mana beberapa anak warga kelurahan Air Jamban RW 22 bahkan menumpang belajar di rumah salah satu tokoh masyarakat agar dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh,” ujarnya.

Warga Kecamatan Mandau menyambut positif kehadiran Pustaka Digital Cerdas di wilayahnya tersebut.  Namun mengingat masih adanya pandemi COVID-19, kehadiran para siswa pun masih dibatasi dengan jadwal kunjungan. Akses masuk ke Pustaka Digital Cerdas pun harus melalui protokol kesehatan yang ketat, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan selalu menjaga jarak. Saat ini, pengguna fasilitas ini terdiri dari 43% siswa SD, 55% siswa SMP dan 2 % siswa SMA/SMK, dengan kapasitas layanan program setiap hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00 WIB. R3



Pustaka Digital Cerdas ala PDC Bantu Siswa Bengkalis Belajar di Tengah Pandemi Pustaka Digital Cerdas ala PDC Bantu Siswa Bengkalis Belajar di Tengah Pandemi Reviewed by OG Indonesia on Minggu, September 27, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.