Asiknya Seruput Kopi di Sejuknya Kampoeng Kopi Banaran


Jakarta, OG Indonesia -- 
Terletak di areal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35, Kecamatan Bawen, Jawa Tengah, dengan ketinggian 480 – 600 meter di atas permukaan laut terdapat Kampoeng Kopi Banaran (KKB). Kawasan wisata seluas 40 hektar dengan suhu udara sejuk 23ºC – 27ºC ini merupakan salah satu bisnis unit dari PTPN IX yang memiliki aset 400 hektar di kawasan Banaran. 

Saat ini potensi kawasan wisata ini akan dikembangkan lebih modern dan terintegrasi. Selain memiliki potensi alam yang eksotis dan udara sejuk, Kampoeng Kopi Banaran juga memiliki keunggulan wilayah. Terletak di segitiga emas Yogyakarta-Solo-Semarang, lokasinya hanya sekitar 1 kilometer dari Pintu Tol Bawen, yang terhubung dengan jalur Jalan Tol Trans-Jawa Jakarta-Semarang-Solo-Surabaya. Lokasi ini memiliki panorama indah karena berlatar belakang Danau Rawa Pening dan perbukitan.

Fasilitas utama Kampoeng Kopi Banaran berupa bangunan untuk menikmati sedapnya kopi “Banaran Coffee”, juga dibangun arena bermain anak-anak, Corporate Gathering, Coffee Walk, Out Bound Games, Kolam Renang, Gasebo, lapangan tenis, Taman Buah, Gedung Pertemuan, Flying Fox, Mushola, Meeting Room, Griya Robusta, Family Gathering, serta Jelajah Kebun dengan ATV.

Dengan berbagai fasilitas tersebut, pengunjung dapat menikmati kesegaran dan keakraban bersama keluarga. Taman dan Gazebo, merupakan tempat beristirahat dan bercengkrama dengan teman, kerabat, serta keluarga. Dilengkapi dengan sarana bermain untuk anak-anak. Coffee House, berupa resto yang menyajikan aneka makanan dan minuman segar. Disajikan panas maupun dingin dengan cita rasa yang menggugah selera.



Sementara Camping Ground, berupa hamparan rumput hijau nan sejuk seluas 1 hektare dilengkapi sarana penerangan untuk lokasi camping. Griya Robusta, berupa gedung pertemuan berkapasitas 750 orang. Dilengkapi dengan AC dan ruang yang lapang untuk berbagai macam acara. Ada pula ATV dan wahana off road di tengah hijau nan sejuk tanaman coklat/kakao.

Dyandra Siap Kembangkan Potensi KKB

Menjelang akhir tahun 2020 ini, PT Dyandra Promosindo, pada Kamis (15/10/2020) secara resmi telah melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Perkebunan Nusantara IX dengan PT Dyandra Promosindo, terkait dengan pengelolaan Kampoeng Kopi Banaran. Penandatanganan dilakukan Direktur PTPN IX Tio Handoko dan Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh. 

Dalam acara akad kemitraan strategis itu, dihadiri pula oleh Direktur Utama Holding Perkebunan/PTPN III (Persero) M Abdul Ghani, Direktur Umum PTPN III Seger Budiarjo dan Komisaris Utama PTPN IX M Syarkawi dan manajemen PTPN serta holding company. 

“Kampoeng Kopi Banaran punya potensi besar. Tapi kami sadar diri, kompetensi PTPN itu di bidang perkebunan (plantation). Tidak didesain untuk pemasaran potensi wisata. Karena itu, kami berkolaborasi dengan pihak lain yang memiliki jejaring pasar dan pengalaman kuat untuk mengemas serta meningkatkan promosi Kampoeng Kopi Banaran," terang Direktur Utama Holding Perkebunan/PTPN III (Persero) M Abdul Ghani.

PT Dyandra Promosindo menyambut antusias kemitraan strategis ini. Nantinya, Dyandra akan mengelola aspek pengembangan infrastruktur, F&B, eduwisata, ekowisata, outdoor activity yang diperkirakan akan lebih trend pasca era pandemi. Termasuk menghadirkan gelombang kegiatan MICE di Banaran. “Kampoeng Kopi Banaran akan di-upgrade sebagai penunjang aktivitas bagi kaum milenial, komunitas, hingga penyelenggaraan kegiatan MICE di Jawa Tengah," ujar Hendra Noor Saleh.

Khusus untuk komoditas kopi, Hendra menargetkan, dalam waktu periode kerjasama tergalang re-branding kopi lebih kuat. "Ketika orang asing bicara kopi Indonesia, persepsinya akan identik dengan Banaran," pungkasnya. R3

Asiknya Seruput Kopi di Sejuknya Kampoeng Kopi Banaran Asiknya Seruput Kopi di Sejuknya Kampoeng Kopi Banaran Reviewed by OG Indonesia on 08.21 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.