PLTP Patuha Unit 2 akan Beroperasi Tahun 2023


Kabupaten Bandung, OG Indonesia --
Bersama Ketua dan Anggota Komisi VII DPR RI, Direktur Jenderal EBTKE, F.X. Sutijastoto pada Jumat (9/10/2020) melaksanakan kunjungan kerja ke Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Patuha yang dikelola oleh PT. Geo Dipa Energi, yang berada di wilayah Ciwidey, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat dengan luas 36.120 Ha.

PLTP Patuha memanfaatkan energi panas bumi yang bersih dan ramah lingkungan dengan kapasitas terpasang sebesar 55 MW. Tercata nilai investasi PLTP ini sebesar USD 165 juta dan telah mencapai COD sejak tanggal 22 September 2014.

Produksi listrik PlTP Patuha mampu meningkatkan kehandalan sistem transmisi Jawa – Bali dengan tambahan suplai listrik sebesar 460 GWh/tahun. Produksi listrik ini mampu melistriki lebih dari 60 ribu rumah. Pemanfaatannya akan mampu menurunkan emisi gas rumah kaca (green house gasses) sebesar 367 ribu ton CO2/tahun.

Direktur Jenderal EBTKE, F. X. Sutijastoto menyebutkan bahwa PT. Geo Dipa Energi telah merencanakan pengembangan PLTP Patuha Unit 2. “Berdasarkan rencana pengembangan, PLTP Patuha Unit 2 akan siap COD tahun 2023 dengan kapasitas 55 MW, dengan nilai investasi sebesar USD 179 juta”, ujar Dirjen Toto.

Beroperasinya PLTP Patuha ini juga memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat di sekitar proyek yang direalisasikan dalam program Community Development. Dalam periode tahun 2016 sampai dengan triwulan II tahun 2020, PT. Geo Dipa Energi telah merealisasikan biaya Community Development sebesar Rp 11,96 miliar untuk kegiatan pendidikan, sosial, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Selain berkontribusi dalam pengembangan masyarakat, PLTP Patuha juga berkontribusi besar pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui penyetoran Bonus Produksi secara langsung ke Kas Umum Daerah yang pemanfaatannya diprioritaskan untuk masyarakat sekitar PLTP.

Secara total, untuk periode penyetoran 2014 – triwulan II 2020, PT. Geo Dipa Energi Area Patuha telah membayarkan kewajiban Bonus Produksi sebesar Rp 12,83 miliar kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung. Bonus produksi bertujuan agar masyarakat di daerah penghasil dapat merasakan manfaat langsung dari keberadaan PLTP di wilayah mereka.

“PT. Geo Dipa Energi juga telah memberikan kontribusi dalam bentuk penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kepada Pemerintah sebesar Rp 3,77 miliar pada triwulan III tahun 2020 ini”, ungkap Dirjen Toto. R2

PLTP Patuha Unit 2 akan Beroperasi Tahun 2023 PLTP Patuha Unit 2 akan Beroperasi Tahun 2023 Reviewed by OG Indonesia on Sabtu, Oktober 10, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.