Jurnalis OG Indonesia Raih Prestasi di Lomba Jurnalistik Pertagas 2020


Jakarta, OG Indonesia --
PT Pertamina Gas (Pertagas), perusahaan terafiliasi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Pertamina (Persero), mengapresiasi dukungan media massa terhadap perusahaan di tengah pandemi COVID-19 dan krisis ekonomi global.  Lomba Jurnalistik Pertagas 2020, menjadi salah satu bentuk upaya perusahaan memberikan apresiasi terhadap para jurnalis untuk terus menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas.

Wiko Migantoro, Direktur Utama Pertagas, mengatakan pelaksanaan lomba penulisan jurnalistik ini tidak hanya mampu mengedukasi masyarakat, namun di sisi lain juga mampu menyampaikan informasi secara benar, berimbang, dan tanpa bias atas apa yang sudah dilakukan Pertagas, khususnya selama pandemi COVID-19. 

Menurut Wiko, peran media massa sangat strategis dalam menginformasikan berbagai upaya Pertagas ikut berkontribusi melalui impelementasi CSR, membantu menangani dampak yang ditimbulkan pandemi yang telah berimbas terhadap kelompok-kelompok masyarakat pelaku UMKM, dan kelompok rentan di masyarakat sekitar area operasi.
 
“Di Pertagas, kami memandang CSR bukan sekadar menjadi kewajiban, melainkan sebagai kebutuhan dan bagian mitra kolaborasi antara perusahaan dengan masyarakat, untuk tumbuh kembang bersama,” ujar Wiko saat memberikan sambutan secara virtual pada Penganugerahan Pemenang Lomba Jurnalistik Pertamina Gas 2020, Jumat (6/11/2020).

Ditambahkan Wiko, semangat Pertagas yang dituliskan dengan baik dan luar biasa melalui puluhan karya di ajang ini, diharapkan mampu memberikan edukasi terhadap masyarakat, bahwa dalam kondisi sesulit apapun ketika sebuah bencana terjadi, selalu ada cara yang baik untuk mengatasinya, yaitu dengan mengedepankan kerjasama, kolaborasi, sinergi antara pemerintah, kelompok masyarakat terdampak, dan korporasi.  
 
“Ke depan, saya juga berharap, insan pers Indonesia juga akan dapat mengawal perkembangan bisnis Pertagas dengan sajian informasi yang positif, tentang kiprah kami sebagai bagian dari subholding gas, yang ikut berkontribusi membangun negeri,” ujarnya.
 
Wiko juga menyampaikan selamat kepada para rekan media yang karyanya terpilih sebagai 10 karya terbaik di Lomba Penulisan Jurnalistik Pertamina Gas 2020. "Untuk insan media yang lainnya, tetap semangat untuk terus menghasilkan karya-karya yang memberi manfaat dan bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Fitri Erika, Sekretaris Perusahaan Pertagas, mengatakan Lomba Jurnalistik Pertagas 2020 berawal dari keinginan Pertagas untuk terus menjalin hubungan baik serta memberikan ruang berkreasi dan apresiasi terhadap rekan-rekan jurnalis dan media yang selama ini telah membantu menyampaikan informasi positif mengenai kinerja dan peran Perusahaan kepada masyarakat luas. 

Di sisi lain, Pertagas menyadari bahwa adanya pandemi di tahun 2020 menjadi kondisi yang sangat menantang. Efek dahsyat yang ditimbulkan menghantam tidak hanya di sektor kesehatan, termasuk di ekonomi dan sosial. Sebagai dari BUMN yaitu PT PGN Tbk dan PT Pertamina (Persero) yang bergerak di sektor energi, kami beradaptasi agar upaya menyalurkan energi kepada masyarakat dan industri tetap terlayani.

“Kami juga tergerak untuk membantu upaya pemerintah agar roda ekonomi di tengah pandemi tetap berputar. Karena kami sadar, bahwa hampir seluruh lini industri terdampak pandemi. Mulai dari skala mikro hingga besar. Dari berbagai kelompok skala tersebut, pelaku UMKM paling merasakan dampaknya. Kami terpanggil untuk ikut berkontribusi dalam meringankan beban para pelaku UMKM,” ujarnya.



Lomba Jurnalistik Pertagas kali ini mensyaratkan teknik penulisan mendalam (in depth reporting) dengan mengangkat tema besar tentang CSR yang dilakukan oleh Pertagas yang mengambil tema “Berdaya di Tengah Pandemi: Eksistensi Kampung Binaan Pertamina Gas". "Kami ingin ikut menyebarkan nilai-nilai positif dan semangat beradaptasi serta upaya tetap berdaya yang dilakukan oleh kelompok-kelompok binaan Pertagas," ucap Fitri.

“Hal ini kita harapkan mampu menjadi motivasi ataupun menginspirasi masyarakat  dan elemen masyarakat lain yang terdampak pandemi tetap optimistis dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19,” sambungnya.

Setelah melewati proses penjurian yang sangat ketat dengan mengedepankan lima parameter, yaitu ide atau gagasan, gaya penulisan, nara sumber, media tayang, dan kaidah bahasa, terpilih enam karya terbaik dan empat karya nominasi penghargaan.

Berikut Pemenang Lomba Jurnalistik Tahun 2020 Pertagas, termasuk OG Indonesia di mana salah satu jurnalisnya yaitu Ridwan Harahap meraih juara ketiga:

1.Rio Indrawan (Dunia Energi)
Judul: Padi Organik Menuju Ekonomi Lebih Baik

2.Faisal Yunianto (Antara)
Judul: Berkat Pandemi, Sahabat Tuli Pertagas Hasilkan Karya Fesyen Berkelas

3.Ridwan Harahap (OGIndonesia)
Judul: Cara Cerdas Pertagas Berdayakan Petani Cilamaya

4. Yanto Kusdiantono (Koran Sindo)
Judul: Pandemi, Momentum Berdayakan Masyrakat; CSR Pertagas Kembangkan Pertanian Ramah Lingkungan

5. Euis Rita Hartati (Harian Investor Daily)
Judul: Asman Toga Melati Meraih “Berkah” di Tengah Pandemi Covid-19

6. Egensius Soda (Majalah Tambang)
Judul: Geliat Saluyu dan Kenangan di Tengah Pandemi

Sementara empat nominasi mendapatkan penghargaan panitia, antara lain:

1.Azis Husaini (Kontan)
Judul: Pelaku UMKM Terdampak Covid, Pertagas Terus Jaga Kelompok Tuli sampai Petani

2.Alamsyah Pua Saba (Portalindonesianews)
Judul: Kortugres: Inovasi, Mandiri, dan Percaya Diri

3.Ali Rahman (Indo Pos)
Judul: Terus Beradaptasi, CSR Pertagas Sebut Pandemi Bukan Halangan

4. Fajar El Pradianto (Rmco)
Judul: Jalani Amanah Orang Tua, Sukses di Kampung Ikan Asap Binaan Pertagas. RH

Jurnalis OG Indonesia Raih Prestasi di Lomba Jurnalistik Pertagas 2020 Jurnalis OG Indonesia Raih Prestasi di Lomba Jurnalistik Pertagas 2020 Reviewed by OG Indonesia on Jumat, November 06, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.