Saatnya KPK Periksa Proyek Digitalisasi Pertamina


Oleh: Ferdinand Hutahaean (Direktur
 Ekesekutif Energy Watch Indonesia/EWI)

Gelap gulita dan tidak ada transparansi di Pertamina terkait dengan proyek Digitalisasi yang pernah diributkan oleh Ahok BPT dalam kapasitasnya sebagai Komisaris Utama. Ahok bahkan mengatakan ini gendeng, terlihat rasa kesal dan amarah dari Ahok yang besar atas sebuah kebobrokan atau aib dalam tubuh Pertamina.

Proyek digitalisasi ini sejak kapan dimulai, wilayah pekerjaannya seperti apa, sistemnya bagaimana, proses tendernya seperti apa, apakah tender atau pemilihan langsung atau penunjukan langsung, nilai kontraknya berapa, berapa lama waktu pelaksanaanya, spek teknis material seperti apa, semua gelap gulita dan tidak ada transparansi sama sekali. 

Bahkan ketika di sebuah grup WA diskusi kami dengan pihak Pertamina, ketika kami menanyakan hal tersebut di atas, pihak Pertamina menutupi dengan alasan B to B atau hubungan antara Pertamina dengan kontraktornya. Gelap!

Tertutupnya informasi tentang proyek ini yang tentu bukan proyek puluhan juta, ratusan juta, ini proyek yang akan menghabiskan anggaran ratusan milliar. Tak seharusnya proyek sebesar ini gelap gulita kecuali memang Pertamina masih menjadi sarang mafia seperti yang selalu dibicarakan publik sejak dulu.

Padahal penggunaan APBN, APBD untuk proyek puluhan juta saja ada papan nama informasi proyeknya agar publik bisa turut mengawasi. Nyatanya ini proyek besar tapi serba gelap. Ada apa dengan Pertamina? Mengapa masih bermain-main di ruang kegelapan?

Kali ini saya berharap agar kerjasama antara KPK dengan Pertamina bisa menunjukkan hasilnya agar semua tidak hanya sebatas jargon-jargon yang mengelabui publik. Jangan sampai Pertamina justru memperalat atau mencatut nama KPK atas nama kerjasama untuk mengelabui publik soal integritas dan korupsi di tubuh Pertamina. 

Kasihan KPK kalau begini. Image publik melihat Pertamina bersih karena kerjasama dengan KPK, padahal proyek besar seperti ini justru gelap gulita. Saya berharap KPK melakukan fungsinya memeriksa proyek ini sebagai ujian pertama atas kerjasama Pertamina dengan KPK.

Semoga KPK melakukan fungsinya dan semoga Pertamina ke depan semakin baik. Publik akan menunggu kelanjutan kisah proyek raksasa yang gelap ini.

Saatnya KPK Periksa Proyek Digitalisasi Pertamina Saatnya KPK Periksa Proyek Digitalisasi Pertamina Reviewed by OG Indonesia on Jumat, November 06, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.