Inisiatif Tanggap Darurat COVID-19 Pertamina Foundation Raih Iconomics CSR Awards 2020


Jakarta, OG Indonesia --
Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan krisis ekonomi di dunia khususnya Indonesia. Wabah virus tersebut tidak hanya mengancam kesehatan tubuh manusia tetapi juga dapat mengancam kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, selama masa pandemi ini, jumlah pengangguran semakin meningkat dan kondisi pasar tenaga kerja mengalami perubahan yang signifikan. Akibatnya, banyak masyarakat yang mengalami krisis ekonomi sehingga membutuhkan bantuan dari berbagai pihak baik dari pemerintah, organisasi non-profit, yayasan, perusahaan maupun komunitas kepedulian masyarakat lainnya.

Jika dilihat dari sisi bisnis, masih banyak perusahaan-perusahaan yang sangat peduli dan aktif memberikan bantuan bagi masyarakat dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah tiap perusahaan anggarkan. Oleh karena itu, RRI dan The Iconomics Research and Consulting memberikan penghargaan kepada beberapa perusahaan dan yayasan yang telah banyak berkontribusi bagi masyarakat dalam acara Webinar & Awarding  Trend & Outlook CSR 2021: ICONOMICS CSR AWARDS 2020 yang bertemakan “Strengthening Social Responsibility in Pandemic Era”. Webinar sekaligus awarding event  tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 4 Desember 2020.

“Kami mengamati seluruh perusahaan memiliki program Social Responsibility yang berkaitan dengan krisis kesehatan," ujar Bram S. Putro selaku Founder sekaligus CEO The Iconomics. "Tentunya, optimis bisnis juga akan berkorelasi dengan strategi CSR yang akan dilakukan oleh perusahaan-perusahaan, baik program CSR yang berkelanjutan maupun yang pendek," sambungnya.

Arya Dwi Paramita, VP CSR SMEPP PT Pertamina (Persero) yang menjadi salah satu narasumber yang membawakan materi terkait kegiatan CSR di Pertamina selama masa pandemi mengatakan Pertamina selalu berfokus pada pengembangan kemampuan para penerima bantuan. "Oleh karena itu, pada saat awal pandemi, kami langsung memetakan penerima manfaat bantuan kemanusiaan yang akan kami berikan dan mitra area yang bisa kami gandeng. Jadi, kami menggunakan filosofi mengubah objek menjadi subjek. Kami mulai memetakan mana penerima manfaat yang bisa kami pilih menjadi subjek," terangnya.

Dengan menjadikan penerima manfaat sebagai subjek, menurut Arya, para pelaku UMKM tidak hanya dapat membangun perekonomian mereka, tetapi juga dapat menciptakan lapangan kerja sehingga perekonomian masyarakat di sekitar mereka juga dapat meningkat. 

“Intinya adalah penerima manfaat sebagai subjek. Sebisa mungkin, yang bisa kami libatkan, kami libatkan. Kami jalan paralel, kita tetap mendukung 124 rumah sakit, 112 puskesmas dan 82 posyandu yang tersebar di seluruh Indonesia. Di sisi lain, kami juga membantu masyarakat dengan pemberian filantropi yang secara langsung, tapi di sisi lain UMKM sambil mem-back up untuk memproduksi lebih dari 10.000 produk seperti masker, hand sanitizer, desinfektan, sabun, jahe merah, madu, multivitamin dan herbal lainnya," papar Arya.

Pertamina Foundation sebagai yayasan yang melaksanakan program-program CSR PT Pertamina (Persero) mendapatkan penghargaan dalam Inisiatif Tanggap Darurat Covid-19 – Dukungan Kesehatan Medis Kategori Yayasan. Penghargaan ini diberikan karena inisiatif Pertamina Foundation melalui tiga program andalannya, yaitu PFBangkit, PFPrestasi, dan PFPreneur. 

Di mana sejak awal pandemi Covid-19 mulai menyebar, program PFbangkit Pertamina Foundation secara mandiri maupun berkolaborasi dengan mitra kerja sama, sudah menyalurkan beragam jenis bantuan, antara lain 8066 masker, 625 alat pelindung diri, 160 liter hand sanitizer, 10 peti jenazah kepada rumah-rumah sakit, dan 985 paket sembako kepada panti-panti asuhan, tenaga kesehatan, para pedagang, dan masyarakat kurang mampu lainnya yang terdampak COVID-19.

Selanjutnya lewat program PFPrestasi, Pertamina Foundation melaksanakan program Aksi Sobat Bumi Dari Sumatera Sampai Papua pada 17 Agustus 2020 dan 28 Oktober 2020. Dalam Aksi Sobat Bumi, Pertamina Foundation berkolaborasi dengan peraih Beasiswa Pertamina Foundation Batch VI dan VII yang tersebar di 25 kampus mitra, menyalurkan beragam jenis bantuan kepada masyarakat terdampak. Bantuan yang diberikan kepada masyarakat, antara lain tempat cuci tangan, tempat sampah medis, masker, sembako, hand sanitizer, dan face shield. Tidak hanya menyalurkan bantuan, masyarakat juga diberikan beragam jenis penyuluhan, pelatihan, dan sosialisasi, seperti mengadakan pelatihan budidaya tanaman, lomba mewarnai untuk menghibur anak-anak pelatihan membuat masker, sosialisasi makanan bergizi, sosialisasi mengolah sampah dengan Margot BSF, dan banyak kegiatan lainnya yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19.

Kemudian lewat program PFPreneur, Pertamina Foundation mengadakan ajang PFPreneur 2020: Women Leaders & Entrepreneurs. Melalui ajang ini, Pertamina Foundation berupaya untuk meringankan beban pengusaha perempuan UMKM Indonesia selama masa pandemi sekaligus pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan, khususnya pengembangan minat dan potensi UMKM. Ajang ini juga diharapkan mampu mendukung kemandirian keluarga dan kesejahteraan perempuan.

“Kita berharap semangat memberikan bantuan ini akan menular dan akan melibatkan banyak pihak untuk terlibat dalam penanganan yang lebih luas lagi untuk meringankan beban dari masyarakat,” ujar A.M. Unggul Putranto selaku Direktur Operasional Pertamina Foundation. R3



Inisiatif Tanggap Darurat COVID-19 Pertamina Foundation Raih Iconomics CSR Awards 2020 Inisiatif Tanggap Darurat COVID-19 Pertamina Foundation Raih Iconomics CSR Awards 2020 Reviewed by OG Indonesia on Senin, Desember 07, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.