Tambang Emas Doup Milik J Resources Siap Beroperasi di Akhir Tahun 2021

 


Jakarta, OG Indonesia --
Tambang emas Doup milik PT J Resources Asia Pasifik Tbk. (PSAB) ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2021. Hal tersebut dikatakan Sanjaya J., Direktur J Resources Asia Pasifik dalam paparan publik perusahaan yang dilakukan secara virtual pada Selasa (8/12/2020).

Tambang Emas Doup berlokasi di Desa Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Tambang tersebut dimiliki oleh anak usaha J Resources yaitu PT Arafura Surya Alam (ASA).

Sanjaya mengungkapkan sampai saat ini persiapan pembukaan tambang emas Doup masih terus berjalan. Di mana pihaknya telah menunjuk kontraktor untuk alat-alat tambang emas pada November lalu. Peralatan tersebut akan mulai diantarkan ke tambang pada bulan Desember ini.

Sanjaya menambahkan, pemesanan mesin dan peralatan long lead juga akan dilaksanakan pada pertengahan Desember ini. Sementara atudi terkait pembuangan akhir tambang yang dilakukan oleh PT LAPI ITB juga sedang berlangsung. “Kemungkinan sudah dapat beroperasi penuh pada kuartal IV/2021 mendatang dengan masa hidup tambang selama 10 hingga 15 tahun,” tegasnya.

Dia juga mengatakan tambang Doup diproyeksikan dapat menghasilkan sebanyak 50.000 hingga 80.000 ons emas setiap tahunnya. Perusahaan juga telah menyiapkan capital expenditure (capex) senilai US$136 juta yang akan digunakan sesuai dengan perkembangan hasil tambang.

Sebelumnya, pada Oktober 2020, PSAB juga telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dengan PT PLN (Persero) untuk keperluan di tambang tersebut. Dalam perjanjian tersebut, PT PLN akan memasok tenaga listrik sebesar 20 MVA. R2

Tambang Emas Doup Milik J Resources Siap Beroperasi di Akhir Tahun 2021 Tambang Emas Doup Milik J Resources Siap Beroperasi di Akhir Tahun 2021 Reviewed by OG Indonesia on Selasa, Desember 08, 2020 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.