Elnusa Siap Dukung Target Produksi 1 Juta Barel Per Hari


Jakarta, OG Indonesia --
 PT Elnusa Tbk (Elnusa) perusahaan nasional penyedia jasa energi menyambut 2021 dengan optimis untuk lebih gencar meningkatkan kinerja yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Upaya peningkatan kinerja tersebut dilakukan melalui beberapa prioritas serta target yang telah dibidik. Salah satu upaya yang akan ditempuh adalah mendukung Pemerintah dalam merealisasikan produksi minyak 1 juta barel/hari (bph). 

Seperti diketahui, Pemerintah dalam hal ini SKK Migas tengah berupaya melakukan peningkatan produksi minyak 1 juta bph dan gas 12 miliar standar kaki kubik per hari (bscfd) atau 3,2 juta barel setara minyak per hari (boepd) pada tahun 2030. 

Untuk tahun 2021 ini, target lifting minyak yang telah ditetapkan tidak berubah dari tahun 2020 yaitu 705 ribu bph. Untuk itu, SKK Migas bersama seluruh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang didukung kementerian dan lembaga pemerintah lainnya mulai mengejar target tersebut dengan melakukan kegiatan secara masif, agresif dan efisien. 

Direktur Utama Elnusa, Ali Mundakir menegaskan bahwa Elnusa terus berupaya untuk mendukung pemerintah memenuhi target produksi minyak 705 ribu bph di tahun 2021. Merujuk data Ditjen Migas ESDM mengenai konsumsi domestik BBM pada kondisi normal, yaitu di kisaran 1,5 juta bph dan bila diasumsikan bahwa kebutuhan tersebut turun 30% karena pandemi maka masih ada 1 juta bph yang harus dipenuhi. 

"Tentu saja, masih belum cukup bila mengandalkan produksi nasional yang berada pada kisaran 745 ribu bph. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut harus dilakukan impor. Program-program dalam upaya untuk mempertahankan maupun meningkatkan produksi minyak nasional merupakan peluang besar Elnusa,” ucap Ali dalam keterangan resminya yang diterima OG Indonesia, Kamis (28/12021).

Ali menambahkan, secara fundamental bisnis Elnusa akan terus berjalan sesuai dengan pemenuhan kebutuhan energi nasional. "Bagi kami ini merupakan suatu fundamental yang sangat kokoh untuk kami lakukan ekspansi bisnis," tegasnya.

SKK Migas sendiri sudah mencanangkan empat pilar target produksi minyak nasional satu 1 juta bph di tahun 2030. Pertama, menjaga produksi existing, kedua percepatan resource to production, penerapan Enhance Oil Recovery (EOR) dan yang terakhir adalah Giant Discoveries. 

"Dari empat pilar tersebut Elnusa memiliki portofolio bisnis yang berimbang dan lengkap dari hulu hingga hilir yang mencakup empat pilar tersebut dan dapat mendukung target produksi 1 juta bph tersebut. Hingga saat ini Elnusa telah berkontribusi dan akan terus berperan aktif melalui kompetensi yang dimilikinya,” imbuh Ali.

Dalam pilar pertama menjaga produksi existing, Elnusa memiliki kompetensi dan kapabilitas di sektor hulu migas melalui berbagai jasa operasi produksi dan maintenance untuk lifting migas. Jasa ini terdiri dari well intervention, drilling/ workover hingga O&M. Khusus untuk drilling, Elnusa telah mengembangkan fabrikasi secara mandiri Hydraulic Workover & Drilling Unit (HWD-Unit) sehingga biaya drilling untuk sumur-sumur baru lebih kompetitif. Inovasi ini merupakan pertama di Indonesia bahkan dunia.

Pilar kedua percepatan resources to production dan ketiga penerapan EOR, kedua pilar ini dimiliki Elnusa masih melalui sektor hulu migas handal dalam jasa EPC di hulu migas seperti konstruksi stasiun kompresor gas di Pertamina EP. Sementara itu, pada penerapan EOR Elnusa telah menjalin kemitraan strategis dengan pabrikan chemical terkemuka dan juga telah mempunyai kompetensi untuk melakukan operasi EOR secara mandiri, yaitu injeksi polimer di lapangan Tanjung. Selain itu, Elnusa juga terlibat aktif melakukan ujicoba lapangan metode baru EOR yang menggunakan vibroseis di lapangan Jambi. Metode ini diharapkan bisa memberikan hasil yang lebih cepat dan signifikan sehingga bisa diterapkan dalam skala yang lebih luas kedepannya.

Pilar terakhir Giant discoveries juga masih pada sektor hulu migas yang dimiliki Elnusa. Elnusa baru saja mendukung rampungnya seismik laut 2D KKP Jambi Merang untuk Pertamina sepanjang 32000 km. Survei tersebut dilakukan menggunakan Elsa Regent yang di nahkodai dan armadai oleh putra-putri bangsa Indonesia. Seismik tersebut merupakan terpanjang se-asia pasifik dalam kurun 10 tahun terakhir. Selain itu Elnusa juga mendukung Pertamina dalam uji coba lapangan (Line Test) seismik 2D dengan Vibroseis di area Sub-Vulkanik, Majalengka. Eksplorasi di area Sub-Vulkanik ini merupakan "play" baru yang bukan tidak mungkin akan berkontribusi pada temuan-temuan cadangan migas di masa depan.

Ali menambahkan bahwa pada tahun 2021 ini, dari sisi operasi Elnusa akan terus melanjutkan pekerjaan yang masih berjalan untuk dilanjutkan dan mengerjakan pekerjaan baru yang sudah menunggu di 2021. Elnusa juga menangkap peluang jika ada akselerasi plan of development atau lapangan - lapangan yang sudah ditemukan cadangannya dan segera diproduksi dengan membangun fasilitas produksi. 

"Sementara itu di sektor distribusi dan logistik energi Elnusa akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur penyimpanan BBM maupun LPG dan melakukan penambahan armada untuk pendistribusian BBM ke seluruh masyarakat khususnya di luar pulau Jawa," tambahnya.

“Dengan segala kompetensi unggul yang dimiliki serta berbagai inovasi yang telah dilakukan, Elnusa melalui diversifikasi portofolionya optimis akan mencatatkan tahun 2020 dengan kinerja yang positif. Begitu pula di tahun 2021, kami yakin dan optimis di tahun 2021 dapat dicapai pula dengan hasil yang positif," pungkas Ali. R3

Elnusa Siap Dukung Target Produksi 1 Juta Barel Per Hari Elnusa Siap Dukung Target Produksi 1 Juta Barel Per Hari Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Januari 28, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.