Ini Keterangan Resmi Pihak PLTP Sorik Marapi Atas Tewasnya 5 Warga Karena Keracunan Gas


Mandailing Natal, OG Indonesia -- 
Kebocoran gas diduga terjadi dari proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang dikerjakan PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Kejadian ini mengakibatkan lima orang warga Madina meninggal dunia dan puluhan warga lainnya harus dilarikan ke rumah sakit, diduga akibat gas beracun dari kebocoran tersebut

Atas peristiwa naas ini, PT SMGP dalam keterangan resmi perusahaan yang diterima OG Indonesia, Senin (25/1/2021) malam, menyampaikan belasungkawa yang teramat dalam kepada keluarga dan kerabat dari kelima korban yang meninggal dunia. 

Pihak PT SMGP menjelaskan, kejadian terjadi di lapangan pada Senin siang saat PT SMGP melakukan uji untuk pengoperasian  salah satu sumur uap panas bumi sesuai dengan standar dan prosedur baku yang berlaku. "Namun sempat terjadi terpaparnya gas yang kemungkinan berupa H2S," demikian keterangan tertulis perusahaan.

Prediksi H2S dikarenakan saat itu perusahaan sedang melakukan proses pengujian sumur. Akan tetapi perusahaan masih menyelidiki lebih lanjut apakah benar karena kebocoran H2S atau faktor lainnya.

PT SMGP menyampaikan rasa keprihatinannya kepada para warga desa Sibanggor Julu yang saat ini tengah menerima penanganan medis baik di RSUD Panyabungan maupun RS Permata Madina.

"Kami terus berkoordinasi dengan pihak rumah  sakit  dan  Dinas  Kesehatan  Madina  untuk  mendukung  perawatan  dan  pemulihan  warga. Kami sangat  menyesali  atas  terjadinya musibah  tersebut  dan  kami  berkomitmen  penuh  untuk memberikan dukungan yang diperlukan oleh para korban," lanjut keterangan perusahaan.

Atas kejadian yang tidak diinginkan oleh siapapun ini PT SMGP siap untuk bekerjasama dengan semua pihak termasuk keluarga. "Kami bekerja sama dengan aparat setempat untuk memastikan keselamatan semua orang, baik anggota masyarakat  maupun  para  pekerja  di  lokasi  proyek," sambung keterangan perusahaan. 

Saat  ini  sumur yang mengalami kebocoran  telah ditutup oleh perusahaan untuk mencegah terjadinya pemaparan lebih lanjut. Perusahaan juga telah menghentikan kegiatan operasional di fasilitas  proyek  untuk  mendukung  masyarakat  dan  pemerintah  Mandailing  Natal  dalam  penanganan musibah.

Guna melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari kejadian tersebut, PT SMGP telah berkoordinasi dengan  pemerintah  Madina  dan  Kementerian  ESDM.  

Direktur Panas Bumi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari, kepada OG Indonesia malam ini mengatakan bahwa pihak Kementerian ESDM akan menyelidiki penyebab pasti dari kebocoran gas yang menewaskan 5 warga tersebut.

"Besok pagi baru teman-teman akan investigasi ke lapangan. Penyebab pastinya belum tahu mas," ucap Ida singkat kepada OG Indonesia. RH

Ini Keterangan Resmi Pihak PLTP Sorik Marapi Atas Tewasnya 5 Warga Karena Keracunan Gas Ini Keterangan Resmi Pihak PLTP Sorik Marapi Atas Tewasnya 5 Warga Karena Keracunan Gas Reviewed by OG Indonesia on Senin, Januari 25, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.