Pimpin ADPMET, Ridwan Kamil Ingin Rakyat dari Daerah Penghasil Energi Turut Sejahtera


Jakarta, OG Indonesia --
Dewan Pengurus Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) baru saja dikukuhkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara daring, Selasa (2/3/2021). Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dipercaya menjadi Ketua Umum ADPMET untuk periode 2020-2025 tersebut.

Ridwan Kamil mengatakan bahwa ADPMET yang sebelumnya bernama ADPM (Asosiasi Daerah Penghasil Migas), di bawah kepemimpinannya berkomitmen membawa aspirasi daerah penghasil energi migas dan juga energi terbarukan agar mendapatkan hak adil yang akan kembali disalurkan untuk kesejahteraan masyarakat secara langsung.

"Saya ingin rakyat-rakyat di daerah penghasil energi ini (berpikir) ternyata bumi kita kaya dengan sumber daya energi, (sehingga) korelasinya dengan aspal jalan yang lebih panjang, lebih banyak, sekolah lebih baik," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Dia pun menekankan pentingnya penguatan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, SDM di daerah penghasil migas tidak boleh hadir sebagai penonton, melainkan harus tampil sebagai subjek yang berdaya secara optimal melalui peningkatan capacity building, pendidikan, seminar dan transfer teknologi. "Kami adalah subjek, kalau ada perusahaan besar dan global datang ke daerah, maka SDM-nya (harus) dari daerah itu juga," tegasnya.

Selain mendorong dari sisi pembangunan infrastruktur dan SDM, diungkapkan olehnya bahwa di bawah kepemimpinannya ADPMET akan merumuskan regulasi yang mendukung kemajuan daerah penghasil migas, juga melakukan pemetaan persiapan daerah untuk memenuhi target 23 persen bauran energi nasional yang dihasilkan oleh energi terbarukan.

Adapun susunan Dewan Pengurus ADPMET periode 2020-2025 selengkapnya adalah sebagai berikut:

Ketua Umum: Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat)

Ketua Bidang KPSDM: Gubernur Riau

Wakil Ketua: Bupati Banyuasin

Wakil Ketua: Bupati Tabalong

Ketua Bidang Trans Energi: Gubernur Jawa Timur

Wakil Ketua: Bupati Wajo

Wakil Ketua: Bupati Muaro Jambi

Ketua Bidang Hubal dan PMD: Gubernur Papua Barat

Wakil Ketua: Bupati Musi Banyuasin

Wakil Ketua: Wali Kota Tarakan

Dewan Pertimbangan: Menteri ESDM, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan


Dewan Penasehat:

Ketua: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Anggota: Isran Noor, Herman Deru, Alex Noerdin, Awang Faroek

Sekjen ADPMET: Andang Bachtiar

Kepala Sekretariat: Taufan Priyono Modjo

Koordinator BUMD: Begin Troys

Deputi Kajian dan Pengembangan ESDM: Muhammad Sani

Deputi Transisi: Betty Soemarno

Deputi ADM & Keuangan: Istikomah A Istari

Deputi Hubal dan Pengembangan Energi: Ferdiman P Bariguna

Pimpin ADPMET, Ridwan Kamil Ingin Rakyat dari Daerah Penghasil Energi Turut Sejahtera Pimpin ADPMET, Ridwan Kamil Ingin Rakyat dari Daerah Penghasil Energi Turut Sejahtera Reviewed by OG Indonesia on Rabu, Maret 03, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.