Wujudkan Cadangan BBM Nasional, BPH Migas dan BKPM Bersinergi Cari Investor


Jakarta, OG Indonesia --
Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa didampingi oleh Anggota Komite BPH Migas Sumihar Panjaitan dan Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro melakukan kunjungan kerja ke Kantor BKPM dan diterima langsung oleh Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Jumat (12/03/2021)

Kepala BPH Migas menyampaikan bahwa pihaknya siap untuk bersinergi dengan BKPM untuk mencari investor dari dalam negeri maupun luar negeri terkait tugas dan fungsi BPH Migas sesuai UU Migas tahun 2001 yaitu mewujudkan cadangan BBM nasional. 

"Di mana sampai saat ini kita belum memiliki cadangan BBM nasional, yang ada hanya cadangan operasional badan usaha seperti Pertamina atau badan usaha lain dengan total hanya 7,8 juta KL/tahun. Sedangkan data kami, BPH Migas, total volume transaksi BBM per tahun mencapai 75 Juta KL dari sekitar 150 Badan Usaha yang memiliki Izin Niaga Umum (BUINU)," ucap Fanshurullah Asa.

Kepala BPH Migas pun menyampaikan bahwa BPH Migas akan melelang pipa transmisi dan wilayah jaringan distribusi sesuai amanah RPJMN 2020-2024 dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. 

Saat ini, ada sekitar 192 Wilayah Jaringan Distribusi (WJD) yang akan dilelang BPH Migas termasuk  KI Batang, Kendal, Sorong dan wilayah lainnya. "Tujuannya agar terjadi peningkatan pemanfaatan gas untuk dalam negeri dan mendukung iklim investasi yang kompetitif di kawasan industri karena harga gas sudah diatur dalam Perpres 40 tahun 2006 di mana harga industri dipatok maksimun USD 6 per MMBTU," tambah Ifan, sapaan akrab Kepala BPH Migas. 

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa pihak BKPM akan mendorong tiga hal yaitu kemudahan berusaha, investasi dan pertumbuhan ekonomi di wilayah agar tercipta pemerataan. Sebab menurutnya, pertumbuhan ekonomi besar tanpa pemerataan adalah semu, sementara esensi keadilan adalah pemerataan. 

"Saya yakin dan percaya di beberapa kawasan industri pasti punya hubungan kerja sama dengan BPH Migas, terkait akses infrastruktur migas. Saat ini harga gas harus 6 US Dollar, karena jika tidak demikian maka tidak kompetitif, agar produk kita tidak kalah dengan impor," ucap Kepala BKPM. 

"Kami akan mendukung untuk mewujudkannya dan membantu mencarikan calon investor dengan cara membentuk tim kecil di BKPM," pungkas Bahlil. R3

Wujudkan Cadangan BBM Nasional, BPH Migas dan BKPM Bersinergi Cari Investor Wujudkan Cadangan BBM Nasional, BPH Migas dan BKPM Bersinergi Cari Investor Reviewed by OG Indonesia on Sabtu, Maret 13, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.