Resmi! PLN Akuisisi Pembangkit Listrik di Blok Rokan dari Chevron


Jakarta, OG Indonesia --
PT PLN (Persero) akhirnya resmi mengakuisisi PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN) pemilik 
pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) berkapasitas 300 Megawatt (MW) yang selama ini menyuplai kebutuhan listrik Blok Rokan. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Sale & Purchase Agreement (SPA) pada Selasa (6/7/2/2021) pagi antara PT PLN (Persero) dengan salah satu pemegang saham MCTN yaitu Chevron Standard Limited (CSL). CSL merupakan unit usaha Chevron yang juga pemilik saham mayoritas MCTN.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, lewat penandatanganan SPA ini, maka secara resmi PLN sudah mengakuisisi 100% kepemilikan PT MCTN. "PLN berkomitmen memasok listrik Blok Rokan sejak penandatanganan SPA ini," tegas Zulkifli dalam acara penandatangan SPA yang dilakukan secara daring.

Pihak CSL sendiri berkomitmen mewujudkan transisi yang lancar dari MCTN ke PLN, paralel dengan transisi Blok Rokan dari Chevron Pacific Indonesia ke Pertamina Hulu Rokan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah bekerjasama dengan CSL untuk mencapai hasil yang fair dan saling menguntungkan,” ucap Jennifer Ferratt, Regional Director Chevron Standard Limited.

Sementara itu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif berharap adanya SPA ini akan memberikan manfaat pada kinerja Pertamina di Blok Rokan nantinya. “Sinergi PLN dan Pertamina akan mampu mengembangkan produksi blok Rokan dan akan menjadi kontributor utama dalam program 1 juta barel,” kata Arifin. R2


Resmi! PLN Akuisisi Pembangkit Listrik di Blok Rokan dari Chevron Resmi! PLN Akuisisi Pembangkit Listrik di Blok Rokan dari Chevron Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Juli 06, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.