Jurnalis OG Indonesia Raih Juara di Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas


Jakarta, OG Indonesia --
OG Indonesia kembali meraih prestasi lewat karya jurnalistik yang dihasilkan para jurnalisnya. Kali ini, Ridwan Harahap, Redaktur Pelaksana OG Indonesia, berhasil menyabet juara 3 Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas untuk kategori Media,
 lewat tulisannya yang berjudul "Melacak Jejak Hidrokarbon, Memburu Satu Juta Barel". (http://www.ogindonesia.com/2021/07/melacak-jejak-hidrokarbon-memburu-satu.html)

Tema dari Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas tahun 2021 sendiri adalah "Upaya Industri Hulu Migas Mencapai 1 Juta BOPD & 12 BSCFD". Tulisan Ridwan Harahap berupaya mengulik salah satu pilar sektor hulu migas dalam negeri yaitu kegiatan eksplorasi yang masif demi mengejar target produksi minyak 1 juta barel per hari dan produksi gas 12 BSCFD pada tahun 2030 nanti.

Adapun juara 1 diraih oleh David Eka Issetiabudi dari Bisnis Indonesia, juara 2 diperoleh Yose Rizal dari Riau Pos, dan juara harapan didapat Ibnu Dwi Wahyudi dari Radar Banjarmasin.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyampaikan terima kasih atas partipisasi dari insan media dan masyarakat umum dalam mengikuti lomba karya jurnalistik yang baru pertama kali diselenggarakan oleh SKK Migas dan KKKS. 

“Dari laporan panitia, antusiasme mengikuti lomba karya jurnalistik sangat tinggi. Ini adalah kebanggaan bagi industri hulu migas dan merupakan dukungan yang sangat bernilai, menjadi penyemangat untuk mewujudkan visi peningkatan produksi hulu migas di tahun 2030 yaitu produksi minyak 1 juta barel dan gas 12 BSCFD," ucap Dwi dalam sambutannya di acara malam penganugerahan, Rabu (19/8/2021).

“Keikutsertaan insan media pada lomba ini telah menjadikan mereka sebagai salah satu pejuang 1 juta barel. Pejuang yang terus memberitakan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh SKK Migas dan KKKS untuk meningkatkan produksi migas nasional. Pejuang yang terus memberikan informasi perkembangan dan kebutuhan dukungan hulu migas kepada para pemangku kepentingan," sambungnya.

Atas nama manajemen SKK Migas dan KKKS, Dwi menyampaikan terima kasih atas pemberitaan yang positif tentang industri hulu migas. "Kami berharap pemberitaan mengenai hulu migas dapat lebih ditingkatkan, mengingat sektor ini sangat vital bagi pembangunan nasional sebagai penyedia energi, bahan baku, penggerak sektor industri lain, menyediakan lapangan kerja dan masih menjadi andalan penerimaan negara," ujar Dwi.

Pada kesempatan yang sama Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kurniasih menyampaikan lomba karya jurnalistik terdiri atas kategori media dan kategori umum. Untuk kategori media terdiri atas lomba karya tulis jurnalistik, karya foto jurnalistik, karya video jurnalistik dan karya radio jurnalistik. Adapun untuk kategori umum terdiri atas lomba karya tulis umum dan karya video blog. Dari 354 pendaftar lomba, karya yang memenuhi kriteri lomba mencapai 148 buah yang terdiri atas 80 kategori media dan 68 kategori umum. 

“Atas nama panitia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya acara ini. Secara khusus apresiasi kepada KKKS yang telah mendukung kegiatan lomba karya jurnalistik. Kegiatan ini merupakan salah satu program kampanye bersama dalam upaya membangun persepsi industri hulu migas yang lebih baik dan semakin mendekatkan ke media dan masyarakat luas,” kata Susana.

Meskipun penyelenggaraan lomba baru dilakukan pertama kali, dikatakan Susana, pihaknya berusaha agar kategori lomba dapat menjangkau dan merangkul seluruh potensi media dan masyarakat. "Termasuk di era digital dan media sosial yang terus berkembang, maka kami akomodasi dalam lomba dengan adanya lomba kategori Video Blog (Vlog). Ini menegaskan bahwa industri hulu migas adaptif dan senantiasa mengikuti perkembangan jaman untuk dapat membangun komunikasi yang lebih efektif,” ujar Susana.

“Tiada gading yang tidak retak, kami menyadari dalam penyelenggaraan lomba karya jurnalistik tentu jauh dari sempurna. Terdapat kekurangan di sana-sini, untuk itu atas nama panitia menyampaikan permohonan maaf. Kekurangan tersebut akan menjadi evaluasi untuk perbaikan pada lomba karya jurnalistik di masa yang akan datang,” pungkas Susana.

Atas raihan prestasi dari jurnalisnya, Pemimpin Redaksi OG Indonesia Muhammad Bimantara menyampaikan bahwa OG Indonesia sangat mengapresiasi agenda yang diselenggarakan oleh SKK Migas untuk insan media ini. "Kami ucapkan selamat pada rekan sejawat kami, Ridwan Harahap yang berhasil menjadi salah satu Juara dalam Penulisan Karya Jurnalistik ini, besar harapan ini menjadi penyemangat untuk selalu menyajikan tulisan-tulisan berita yang aktual, komprehensif dan berimbang," ucap Bimantara.

Kendati berlangsung secara daring, pengumuman pemenang lomba karya jurnalistik dan media award berlangsung meriah dengan peserta tembus sampai 255 orang. Selain dihadiri Kepala SKK Migas, acara ini turut dihadiri oleh Manajemen SKK Migas, pimpinan KKKS, media dan para peserta lomba yang masuk nominasi pemenang. Acara dipandu Hamdan Alkafie News Anchor Metro TV dan Anita Mae news anchor CNN Indonesia berlangsung meriah. 

Bertindak sebagai juri lomba antara lain, Usman Kansong (Direktur Pemberitaan Media Grup) yang saat ini juga menjadi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Amston Probel (Redaktur foto majalah Tempo), Makroen Sanjaya (wartawan senior), Gaib Maruto Sigit (Pemred MNC Trijaya FM), Wendianto Saputro (Wa-Pemred Kumparan) dan Imam Wahyudi (Ketua Dewan Pertimbangan IJTI). R1

Jurnalis OG Indonesia Raih Juara di Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas Jurnalis OG Indonesia Raih Juara di Lomba Karya Jurnalistik SKK Migas Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, Agustus 19, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.