Kapal Gamsunoro Layani Top Five Biggest Oil Trading Company


Jakarta, OG Indonesia --
Sejalan dengan transformasi, PT Pertamina International Shipping (PIS) dari Subholding Shipping menjadi Subholding Integrated Marine Logistics dan dalam rangka memperkuat eksistensi perusahaan yang Go Global, PIS terus bergerak cepat untuk mengembangkan bisnisnya di regional Asia melalui kolaborasi antara Pertamina International Shipping Pte Ltd Singapore (PIS PL) dengan Trafigura Group Pte Ltd, sebuah perusahaan multinational commodity trading yang berpusat di Jenewa, Swiss yang masuk dalam top five biggest oil trading company.

"PIS saat ini terus mendorong terjadinya kerja sama dengan perusahaan multinasional khususnya di regional Asia dalam rangka memperkuat bisnis dan mewujudkan visi PIS," ucap Direktur Utama PIS, Erry Widiastono, Senin (6/9/2021).

Diterangkan olehnya, kerja sama yang dilakukan oleh PIS dengan Trafigura diwujudkan melalui penyewaan armada milik PIS, yakni MT Gamsunoro, secara Time Charter. MT Gamsunoro sendiri merupakan kapal berjenis Dirty Petroleum Product (DPP) Aframax Tanker dengan bobot mati 105.638 MT yang dibangun pada tahun 2014. Delivery kapal MT Gamsunoro kepada Trafigura dilakukan pada tanggal 15 Agustus 2021 di Singapura dengan rencana trading area dari Teluk Arab hingga Asia Timur.

Arief Kurnia Risdianto, Direktur Operasi PT Pertamina International Shipping, menambahkan, sebagai salah satu perusahaan commodity trading besar di dunia, Trafigura menerapkan standar keselamatan yang ketat seperti kewajiban kapal untuk dapat memenuhi standar Ship Inspection Report Programme (SIRE). "Dan MT Gamsunoro dapat memenuhi persyaratan tersebut melalui inspeksi yang dilakukan pada 14 Juli 2021,” jelas Arief. 

Inspeksi SIRE ini dilakukan untuk meninjau sistem kargo kapal, ruang mesin, peralatan navigasi, sistem pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan yang dilakukan oleh tenaga ahli bersertifikat khusus. Terbitnya SIRE approval merupakan bentuk kualitas kapal MT Gamsunoro terhadap standar dan requirement yang berlaku di industri shipping internasional. 

MT Gamsunoro sendiri merupakan salah satu kapal yang dikomersialisasikan untuk melakukan penetrasi ke pasar-pasar internasional dimana sebelum menjalani bisnis dengan Trafigura, MT Gamsunoro telah menjalin bisnis dengan charterer internasional lainnya dalam bentuk sewa kapal secara Time Charter selama 4 bulan dengan trading area di Teluk Arab hingga Jepang.

Melalui kerja sama yang telah dibangun dengan Trafigura ini PIS berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada international customer melalui service excellence dan safety operation serta meningkatkan penetrasi pasar di regional dalam rangka mewujudkan PIS sebagai Integrated Marine Logistics Company. 

“Melalui kerja sama yang telah dibangun ini PIS akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer sehingga dapat berlanjut dengan potensi bisnis lainnya dengan Trafigura,” tutup Erry. R3

Kapal Gamsunoro Layani Top Five Biggest Oil Trading Company Kapal Gamsunoro Layani Top Five Biggest Oil Trading Company Reviewed by OG Indonesia on Senin, September 06, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.