Ini Tanggapan Hiswana Migas Soal Toilet Berbayar di SPBU


Jakarta, OG Indonesia --
 Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) angkat bicara menyusul viralnya video yang di-posting oleh Menteri BUMN Erick Thohir di akun Instagramnya terkait masih adanya toilet berbayar di SPBU. 

Sebagai mitra resmi Pertamina di bidang energi minyak dan gas, Hiswana Migas memahami bahwa toilet di SPBU adalah bagian dari pelayanan kepada konsumen, sehingga kebersihan toilet untuk memberikan kenyamanan pada konsumen merupakan sebuah kewajiban.

Rachmad Muhammadiyah, Ketua Umum DPP Hiswana Migas menegaskan pihaknya senantiasa menjaga kenyamanan pengunjung dengan tetap menjaga kebersihan toilet. 

"Namun sebagai informasi, toilet di SPBU apabila tidak dijaga secara khusus oleh petugas kebersihan seringkali terjadi kehilangan peralatan seperti gayung, keset, tempat sampah, dan bahkan bola lampu," ujar Rachmad dalam keterangannya, Rabu (24/11/2021).

Kondisi demikian, sambung Rachmad, menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengunjung SPBU berikutnya. Atas dasar itulah, pengelola SPBU menempatkan petugas kebersihan guna menjaga kenyamanan pengunjung. 

Menurut Rachmad, saat ini ada toilet SPBU yang berbayar tetapi juga yang sifatnya hanya sukarela saja. "Dan dana yang terkumpul biasanya digunakan untuk petugas kebersihan yang menjaga fasilitas toilet tersebut," ujarnya.

Kendati begitu, Hiswana Migas tetap akan berkoordinasi dengan pengusaha maupun Pertamina terkait adanya arahan dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk menggratiskan layanan toilet di SPBU.

"Agar semua fasilitas toilet di SPBU bisa gratis untuk konsumen," pungkas Rachmad. RH

Ini Tanggapan Hiswana Migas Soal Toilet Berbayar di SPBU Ini Tanggapan Hiswana Migas Soal Toilet Berbayar di SPBU Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, November 24, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.