WK Migas di Sumatera Bagian Utara Punya Peran Strategis Bagi Industri Hulu Migas Nasional


Jakarta, OG Indonesia --
Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengungkapkan bahwa sejumlah wilayah kerja migas yang berada di Sumatera bagian utara masih punya peran strategis bagi industri hulu migas nasional.

“Salah satu contohnya adalah WK Rokan yang menjadi salah satu kontributor minyak nasional terbesar, serta dari wilayah offshore Kepulauan Natuna memiliki arti penting bagi eksistensi dan kedaulatan NKRI di wilayah yang rawan konflik geopolitik dunia. Wilayah Natuna memiliki potensi migas yang luar biasa besarnya, khususnya gas,” ucap Dwi dalam acara Northern Sumatra Forum 2021, Selasa (23/11/2021).

Dwi mengatakan, pihak SKK Migas akan terus mendorong KKKS di wilayah Natuna untuk menggencarkan eksplorasi. Tujuannya tentu untuk menemukan cadangan migas yang baru yang dapat mendorong transformasi dari sumber daya menjadi produksi yang imbasnya akan menghasilkan efek berganda bagi daerah.

“Untuk itu, dibutuhkan dukungan akan daya saing lokal yang lebih kompetitif, termasuk di dalamnya adalah peran seluruh unsur pimpinan daerah,” pesan Dwi.

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas Rudi Satwiko menerangkan, pada tahun 2022 akan dilakukan kegiatan pengeboran sumur eksplorasi yang lebih massif guna mendapatkan cadangan migas yang lebih besar. Selain itu, peningkatan produksi juga turut digenjot melalui kegiatan pengeboran sumur eksploitasi.

Dibeberkan olehnya, target pengeboran sumur eksploitasi di wilayah Sumatra bagian utara akan mencapai 439 sumur, atau 57 persen dari target nasional pengeboran tahun depan.

“Maka diperlukan dukungan, sinergi, dan kerja sama yang strategis antara pemerintah pusat, pelaku bisnis sektor migas, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya,” tegas Rudi. 

WK Migas di Sumatera Bagian Utara Punya Peran Strategis Bagi Industri Hulu Migas Nasional WK Migas di Sumatera Bagian Utara Punya Peran Strategis Bagi Industri Hulu Migas Nasional Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, November 24, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.