Pemain Baru Punya Kesempatan Sama dalam Tender Proyek Hulu Migas

Ozy M. Muhidin, Trainer interactive online training "Proses Tender Migas".

Jakarta, OG Indonesia --
Proses tender dalam proyek hulu migas memberikan kesempatan serta peluang yang sama bagi semua vendor barang atau jasa untuk dapat ikut serta memenangkan proyek-proyek yang ditawarkan. 
Kesempatan yang sama tersebut membuat proyek hulu migas tak hanya terbuka untuk pemain lama tetapi juga bisa diambil oleh para pemain baru di industri hulu migas.

Hal tersebut disampaikan Ozy M. Muhidin, SCM & Local Content Specialist saat menjadi trainer dalam interactive online training "Proses Tender Migas" yang diadakan OG Indonesia, Sabtu (18/12/2021).

"Adanya transparansi untuk menjaga keterbukaan proses tender, agar masing-masing bidder sama informasinya dan juga perlakuannya. Hal-hal yang tertutup dihindari, sebab perlu diketahui, nanti akan ada KPPU, BPK, BPKP, itu semua mengaudit kalau ada biaya atau dana pemerintah," ucapnya.

Ozy menegaskan, aspek fairness dalam proses pelaksanaan tender di hulu migas sangat dibutuhkan demi kepastian suatu proyek. "Karena kalau memang nanti enggak fair maka akan ada objection lagi, objection lagi, enggak beres-beres. Masuk lagi ke pengadilan, dan kalau sudah masuk ke pengadilan tentu makin panjang waktunya dan cost-nya juga semakin bengkak," papar Ozy.

Ditambahkan olehnya, apabila ada keberpihakan dalam suatu proses tender, biasanya lebih kepada prioritas pemanfaatan produk lokal sesuai komitmen penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) seperti yang digalakkan pemerintah. "Kalau tender kita cari yang lokal, jadi condongnya ke sana (lokal)," ujarnya.

Dalam interactive online training "Proses Tender Migas" yang dihelat OG Indonesia, para peserta sangat antusias bertanya langsung kepada trainer terkait pengalaman serta tantangan yang kerap ditemui saat ikut tender di proyek hulu migas. Selaku trainer, Ozy M. Muhidin yang berpengalaman sebagai Senior Local Content Specialist di Inpex Corporation untuk Proyek Floating LNG Abadi Masela hingga Senior Assesor for Local Content Verification & Monitoring Audit Local Vendor di PT Surveyor Indonesia, memberikan kiat serta solusi dari berbagai permasalahan yang sering ditemui tersebut.

Tercatat puluhan peserta mengikuti pelatihan yang dilakukan secara daring ini. Mereka berasal dari perusahaan serta instansi seperti PT Elektrika Rekayasa Energi, PT JGC Indonesia, PT Fajar Mitra Hutama, PT Marina Logistik Sejahtera, PT Sucofindo (Persero), Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, PT Step Oiltools, PT Artha Migas, PT Rekabangun Energi Nusantara, dan PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi.

Novita Panggabean, Business Solution Manager PT Elektrika Rekayasa Energi, yang bersama beberapa rekan seperusahaannya turut mengikuti pelatihan berharap bisa menambah ilmu terkait proses tender migas. "Kita sudah banyak mengikuti pengadaan di Pertamina, tetapi kita juga harus tahu bagaimana ketentuan TKDN itu sendiri dan kami membutuhkan itu," tutur Novita.

Sementara itu Emil Harahap, Marketing dari PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi, berharap dirinya bisa tahu lebih dalam tentang seluk-beluk proses tender di proyek hulu migas. "Supaya kita lebih memahaminya," ucapnya.

Hal senada juga dikatakan Yeanne Patrick Rafael, Pengelola Pengadaan Barang/Jasa di Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Baginya proses pengadaan barang dan jasa di berbagai sektor sudah cukup dipahaminya, namun untuk sektor migas terbilang cukup baru. "Hal yang baru di kami untuk tender di migas, makanya saya ingin belajar proses tendernya serta aturan-aturannya seperti apa," ujar Yeanne.

Komentar positif disampaikan Suhirman Hudi Wiyandono, Direktur PT Marina Logistik Sejahtera terhadap online training yang berlangsung selama setengah hari ini. "Pelatihan ini tidak hanya sekedar mendapatkan ilmu tentang proses tender saja tetapi yang lebih dari itu adalah kita bisa membangun networking dan update perkembangan tentang pengadaan barang jasa sektor migas," tutur Suhirman. RH


Pemain Baru Punya Kesempatan Sama dalam Tender Proyek Hulu Migas Pemain Baru Punya Kesempatan Sama dalam Tender Proyek Hulu Migas Reviewed by OG Indonesia on Sabtu, Desember 18, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.