PHR Terapkan Pengeboran Efisien untuk Kejar Target 500 Pengeboran Sumur


Bengkalis, OG Indonesia -- Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Jaffee A. Suardin telah menyampaikan bahwa PHR menargetkan pengeboran sekitar 400 sampai 500 sumur di Blok Rokan pada tahun 2022 mendatang. Targetnya Untuk itu, PHR akan menambah 3 rig sehingga jumlah armada rig yang beroperasi menjadi 20 rig pada tahun depan.

Wulan Sary, Pjs Rig Superintendent (Team Manager) Rig WOWS Heavy Oil PHR menerangkan, Wilayah Kerja Rokan memiliki banyak lapangan minyak dengan karakteristik yang berbeda-beda. Kondisi ini tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengejar target jumlah pengeboran yang dipasang.

Wulan memaparkan, di Blok Rokan ada Lapangan Duri dengan kedalaman cekungan hidrokarbon yang cukup dangkal, yang dapat dibor pada kedalaman sekitar 200-300 meter. Sementara Lapangan Minas harus dibor hingga kedalaman 500 meter baru bisa menemukan minyak.

"Semakin dangkal tentu semakin murah untuk pengeborannya," kata Wulan kepada wartawan media nasional dan lokal di Widuri Club, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, Rabu (22/12/2021).

Di samping itu, semakin banyak penggunaan lapisan casing (pipa selubung) untuk sumur pengeboran juga memengaruhi biaya pengeboran. Lapisan casing penting untuk dipasang dan disemen guna mencegah hazard material masuk ke dalam sumur. "Disain casing 2 layer atau 3 layer, tentu akan lebih lama dan semakin banyak biayanya," terangnya.

Mengingat kompleksnya suatu kegiatan pengeboran sumur minyak tersebut, Wulan mengatakan timnya berupaya untuk bisa menyesuaikan antara ketersediaan armada rig dengan target jumlah pengeboran yang dipasang oleh manajemen.

"Untuk target, dengan 17 sampai nanti 20 (rig), dari kalkulasi kita akan berusaha untuk mencapai target pemboran yang sudah diberikan," ucap Wulan. "Kita akan bekerja sama dengan mitra kerja untuk mencapai hasil guidance," sambungnya.

Salah satu caranya, Tim Drilling & Completion PHR akan selalu mengkaji setiap sumur yang sudah dibor untuk dipelajari lebih lanjut sebagai gambaran bagi kegiatan pengeboran berikutnya. Dengan demikian diharapkan pengeboran selanjutnya dapat dilakukan semakin efisien.

Lebih lanjut Wulan menerangkan, untuk mengebor sumur minyak perlu dilakukan kegiatan seismik terlebih dahulu. Berdasarkan data seismik tersebut akan terbaca di mana posisi cekungan atau batuan minyak berada. Sehingga rig pun kemudian dapat ditempatkan ke lokasi untuk persiapan pengeboran.

Secara ringkas ada tiga tahap dalam kegiatan pengeboran minyak, yaitu mengebor ke perut bumi lalu dipasang casing. Lalu tahap kedua dilakukan cementing, dan terakhir adalah completion. RH

PHR Terapkan Pengeboran Efisien untuk Kejar Target 500 Pengeboran Sumur PHR Terapkan Pengeboran Efisien untuk Kejar Target 500 Pengeboran Sumur Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, Desember 23, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.