RusHydro dan Pertamina NRE Kerja Sama Pengembangan PLTA


Jakarta, OG Indonesia --
Pertamina NRE dan RusHydro menandatangani nota kesepahaman pada Kamis (30/12/2021) tentang pengembangan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Indonesia. Kerja sama strategis ini berpotensi mengoptimalkan pemanfaatan potensi energi air yang cukup besar di Indonesia.

Acara penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan secara virtual oleh Dannif Danusaputro selaku Chief Executive Officer Pertamina NRE dan Sergey Machekhin selaku Deputy Director General project Engineering, Sustainable Development and International Cooperation RusHydro. 

“Ini adalah kerja sama yang sangat strategis untuk mempercepat pengembangan EBT di Indonesia, khususnya PLTA. Harapannya dapat mendukung percepatan pencapaian target Bauran Energi Nasional di mana EBT mencapai 23 persen pada tahun 2025. Pertamina NRE dan RusHydro memiliki aspirasi yang sama dalam transisi energi, yaitu menyediakan energi yang lebih bersih,” ujar Dannif.

Kerja sama strategis ini tidak saja mencakup pengembangan PLTA melainkan juga potensi energi baru dan terbarukan (EBT) lainnya. Pada area pengembangan PLTA dan proyek infrastruktur sumber daya air, kerja sama meliputi pengembangan strategi pemanfaatan sumber daya air di Indonesia yang memiliki nilai ekonomis, termasuk mengidentifikasi lokasi serta joint study, dan penjajakan terhadap offtaker. 

Sedangkan pada potensi EBT lainnya, kerja sama meliputi optimasi pembangkit listrik eksisting, transfer teknologi, pengembangan teknologi inovasi pada proyek-proyek EBT, serta percepatan peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia.

RusHydro adalah perusahaan pembangkit listrik terbesar di Rusia dengan kapasitas terpasang saat ini sebesar 38 GW. Meskipun fokus pada PLTA, RusHydro juga mengoperasikan beberapa pembangkit listrik panas bumi dan pumped storage hydropower plant di Rusia. Perusahaan yang 61,7 persen sahamnya dipegang oleh pemerintah Rusia ini memiliki fokus pada penyediaan listrik berbasis energi bersih di mana saat ini memiliki porsi sebesar 81,5 persen dalam portofolio pembangkitnya. 

Potensi EBT di Indonesia sangat besar, termasuk potensi energi hidro (air). Dalam peta jalan pengembangan pembangkit EBT yang tercantum dalam Rencana Umum Pembangkit Listrik (RUPTL) 2021 – 2030, penambahan per tahun kapasitas terpasang PLTA terbesar ada di tahun 2025, yaitu sebesar 2.478 MW. Dan pada tahun 2030, ditargetkan total penambahan kapasitas terpasangnya mencapai 9.272 MW. 

Sedangkan wilayah dengan target kapasitas terpasang PLTA terbesar di dalam peta jalan tersebut adalah Jawa, Madura, dan Bali, dengan total kapasitas pada tahun 2030 mencapai sekitar 3.900 MW. R2



RusHydro dan Pertamina NRE Kerja Sama Pengembangan PLTA RusHydro dan Pertamina NRE Kerja Sama Pengembangan PLTA Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Desember 31, 2021 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.