Arti Penting Transparansi dalam Proses Tender Migas

Ozy M. Muhidin, Trainer dalam online training "Proses Tender Migas"

Jakarta, OG Indonesia --
Proses tender yang dilakukan untuk suatu proyek migas harus mengedepankan aspek transparansi, efisiensi, dan fairness. Hal tersebut disampaikan Ozy M. Muhidin, SCM & Local Content Specialis yang menjadi trainer dalam online training "Proses Tender Migas" yang diselenggarakan oleh OG Indonesia pada Sabtu (15/1/2022). 

Selain membedah seluk-beluk proses tender migas, kegiatan training ini juga dilengkapi dengan praktek perhitungan TKDN migas. Ozy sendiri berpengalaman dalam perhitungan TKDN migas. Dia pernah menjadi Senior Local Content Specialist di INPEX Corporation pada Abadi Masela Floating LNG Project, serta Senior Assessor for Local Content Verfication & Monitoring Audit Local Vendor di PT Surveyor Indonesia. 

Ozy menyampaikan, suatu proses tender migas harus adil dan menerapkan kesetaraan antara satu vendor dengan vendor lainnya pada saat tengah mengikuti tender. Harus terbuka dan transparan, tidak boleh diam-diam. "Ini diperlukan untuk menjaga transparansi dalam proses tender," tegas Ozy.

Dia mencontohkan, apabila ada satu vendor yang menjadi bidder dalam suatu tender mendapat suatu informasi baru terkait tender, maka bidder lainnya pun harus mendapatkan informasi serupa. 

"Ada lima bidder, A, B, C, D, dan E. Ternyata yang A tanya soal apakah bid bond-nya boleh kurang segini. Ternyata dijawab tidak boleh. Nah kalau dijawab tidak boleh maka menjawabnya tidak boleh ke A saja, harus ke A, B, C, D, dan E. Jadi semua dapat," jelas Ozy.

Menurut Ozy, langkah tersebut harus dilakukan untuk menghindari anggapan adanya kecurangan di mana suatu pihak yang menyelenggarakan tender melakukan kecurangan dengan hanya memberikan informasi kepada bidder jagoannya. 

"Jangan-jangan ini jagoannya, jangan-jangan saudaranya. Jadi agar tidak menimbulkan kecurigaan harus dilakukan secara transparan, terbuka dan terinformasikan," tegasnya.

Dalam online training "Proses Tender Migas" kali ini diikuti oleh banyak peserta dari perusahaan-perusahaan seperti PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Prosys Bangun Persada, PT Kokai Indo Abadi, PT Terra Samudera Eng, sampai PT JFE Engineering.

Supi'i, salah satu peserta dari PT Pupuk Kalimantan Timur, mengatakan Pupuk Kaltim sangat tertarik dengan online training yang diadakan oleh OG Indonesia untuk memperkuat pengetahuan dan kemampuan karyawan terkait proses tender migas. "Harapannya kami ikut training ini untuk dapat pencerahan terkait proses tender migas ini," ucap Supi'i. RH

Arti Penting Transparansi dalam Proses Tender Migas Arti Penting Transparansi dalam Proses Tender Migas Reviewed by OG Indonesia on Sabtu, Januari 15, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.