Eksplorasi Lepas Pantai KUFPEC Temukan Gas dan Kondensat di Blok Anambas

Foto: kufpec.com

Kuwait, OG Indonesia --
Perusahaan eksplorasi minyak asal Kuwait, KUFPEC, mengumumkan bahwa anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya yaitu KUFPEC Indonesia (Anambas) B.V. (KUFPEC Indonesia) telah berhasil melakukan penemuan komersial gas dan kondensat di Blok Anambas, lepas pantai Indonesia. 

KUFPEC Indonesia membuat penemuan ini melalui keberhasilan pengeboran sumur Anambas-2X. Penemuan menarik ini menandai penemuan eksplorasi lepas pantai pertama yang dioperasikan oleh KUFPEC dan menunjukkan pertumbuhan dan potensi KUFPEC sebagai operator proyek minyak dan gas lepas pantai, sesuai dengan Strategi KUFPEC 2040. Sumur Anambas-2X dibor pada kedalaman air 288 kaki, menggunakan rig jack-up untuk mencapai kedalaman total 10.509 kaki.

Terletak di Laut Natuna, Blok Anambas diberikan kepada KUFPEC Indonesia melalui proses tender yang kompetitif pada tahun 2019. Blok tersebut sepenuhnya dioperasikan oleh KUFPEC Indonesia, yang juga memegang seluruh 100% hak partisipasi di Blok tersebut. Kontrak bagi hasil KUFPEC Indonesia sendiri memiliki jangka waktu lisensi 30 tahun, termasuk masa eksplorasi selama 6 tahun. 

Sebagai bagian dari kampanye pengeboran, KUFPEC Indonesia telah melakukan dua kali Drill Stem Test, satu di Formasi Gabus Bawah dan lainnya di Formasi Intra Keras. Pengujian ini menghasilkan laju aliran gabungan yang stabil sebesar 7 MMscfd gas alam dan 1.240 stb/d kondensat dari kedua formasi. Disebutkan, KUFPEC Indonesia akan melakukan lebih banyak tes pada formasi lain di dalam sumur yang sama.

Setelah mencapai tujuan pengeboran utamanya di Formasi Gabus Bawah, KUFPEC Indonesia akan melakukan pendalaman untuk menembus reservoir yang lebih tebal dan lebih bersih. Hasil pendalaman sumur akan mengidentifikasi potensi peluang eksplorasi lebih lanjut di formasi yang lebih dalam. KUFPEC Indonesia juga akan terus melaksanakan program pengujian untuk tiga reservoir di Formasi Arang, yang dapat menghasilkan laju gas yang lebih tinggi lagi.

Penjabat CEO KUFPEC Shaikh Nawaf Saud Al-Sabah menyatakan bahwa penemuan yang sukses ini mencerminkan kemampuan KUFPEC sebagai operator dalam lingkungan pengeboran eksplorasi lepas pantai. Dia juga mengatakan bahwa pendalaman dan pengujian program yang digunakan dalam kampanye pengeboran merupakan salah satu contoh terbaik dari tekad KUFPEC untuk memaksimalkan nilai aset.

“Saya sangat bangga dengan profesionalisme tim KUFPEC, termasuk para ahli Kuwait yang memimpin operasi di platform pengeboran," ucap Shaikh Nawaf Saud Al-Sabah dalam keterangan resminya, Minggu (23/1/2022).

Ditambahkan olehnya, kampanye pengeboran KUFPEC Indonesia dilakukan secara tepat waktu, di bawah anggaran dan tanpa laporan terkait insiden kesehatan, keselamatan atau lingkungan.

KUFPEC adalah perusahaan hulu internasional yang bergerak di bidang eksplorasi, pengembangan dan produksi minyak mentah dan gas alam di luar Negara Kuwait dan merupakan anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Kuwait Petroleum Corporation. RH

Eksplorasi Lepas Pantai KUFPEC Temukan Gas dan Kondensat di Blok Anambas Eksplorasi Lepas Pantai KUFPEC Temukan Gas dan Kondensat di Blok Anambas Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Januari 25, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.