Jamin Ketersediaan Energi, Pertamina Tembus Tantangan Geografis di Sulawesi

Distribusi BBM ke lokasi Satu Harga di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, melalui medan yang menantang.

Makassar, OG Indonesia --
PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi membuktikan komitmennya untuk terus menghadirkan dan mendekatkan energi untuk masyarakat. Sesuai dengan tagline “Energizing You”, Pertamina berupaya untuk bisa memberikan energi bagi masyarakat di Sulawesi dari kota besar hingga kecamatan, dari wilayah pedesaan hingga menjangkau wilayah 3T (terdepan, terluar, dan terpencil).

Seperti kita ketahui, Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dan memiliki tantangan distribusi energi tersulit di dunia. Bahkan, masih ada beberapa lokasi di pelosok Indonesia yang hingga saat ini belum merasakan mudahnya mendapatkan akses energi. 

Untuk itu, salah satunya agar energi dekat dengan masyarakat, pemerintah mencanangkan program BBM Satu Harga. Di mana pada program BBM Satu Harga ini, Pertamina diberikan mandat untuk menjamin ketersediaan energi terutama ketersediaan BBM di wilayah 3T. Sebelumnya, wilayah 3T ini merupakan wilayah yang belum terjamah akses energi sama sekali seperti di wilayah lainnya dikarenakan lokasi dengan akses yang sulit. 

Sulawesi memiliki karakteristik geografis kepulauan dan beberapa pegunungan sehingga terdapat beberapa daerah yang terisolir dikarenakan akses untuk menuju tempat lainnya terhalang karena medan yang dilalui cukup ekstrem ataupun terpisah cukup jauh dari daratan. Hal ini tak menyurutkan langkah Pertamina untuk menghadirkan energi di daerah tersebut dengan harga sama seperti yang dinikmati masyarakat di perkotaan. 

"Dengan tantangan distribusi serta berbagai tantangan yang dihadapi, tidak membuat Pertamina pantang surut, bahkan menjadi motivasi untuk sepenuh hati melayani saudara-saudara kami di seluruh wilayah NKRI,” ujar Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali, Jumat (14/1/2022).

Menurut Laode, penyediaan dan pendistibusian energi yang aandal di berbagai sektor laksana urat nadi yang akan menggerakkan aktivitas ekonomi masyarakat, industri serta jalannya pemerintahan. Negara yang kuat adalah negara yang ketahanan dan kemandirian energinya kuat. 

Dalam konteks ini, imbuh Laode, Pertamina mengemban tugas menjaga kedaulatan negara melalui distribusi energi di seluruh pelosok negeri. Pada tahun 2021, tercatat Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi telah menambah 10 titik BBM Satu Harga, sehingga total lokasi BBM Satu Harga sejak tahun 2017 di Sulawesi adalah 31 titik. 

Selain itu untuk memperluas akses energi pada tahun 2021, dilakukan juga program Pertashop dan OVOO (One Village One Outlet). 

Melalui program OVOO, Pertamina memastikan akses pangkalan LPG dekat dengan masyarakat, khususnya dengan memperluas channel penjualan LPG PSO yang ditargetkan menjangkau seluruh kecamatan hingga kelurahan terutama daerah yang belum terdapat titik distribusi. Di mana tercatat sebanyak 8.594 desa/kecamatan di Sulawesi sudah terdapat pangkalan LPG sehingga hampir 100% seluruh desa/kecamatan di Sulawesi tersedia akses pangkalan LPG. 

Selain OVOO, inovasi terus dikembangkan Pertamina demi meningatkan akses pembelian BBM untuk masyarakat perdesaan, Pertamina terus memperluas jangkauan titik Pertashop di Sulawesi. Saat ini pun tercatat sebanyak 253 titik Pertashop yang ada di Sulawesi. 

“Pertashop merupakan salah satu terobosan layanan Pertamina untuk membuka akses energi bagi masyarakat di perdesaan dengan menyediakan One Stop Pertamina Shopping Outlet produk yaitu BBM, LPG dan Pelumas. Pertamina ingin mendekatkan pelayanan BBM di setiap desa,” papar Laode.

Program Pertashop dan OVOO akan sangat berdampak bagi pengembangan ekonomi masyarakat pedesaan. Masyarakat di daerah perdesaan yang selama ini kesulitan akses dengan BBM dan LPG serta produk Pertamina lainnya, akan semakin mudah dijangkau. Hal ini akan berdampak pada pengembangan ekonomi berbagai pelaku usaha di pedesaan seperti petani, nelayan, bengkel, home industri dan lain sebagainya. R3

Jamin Ketersediaan Energi, Pertamina Tembus Tantangan Geografis di Sulawesi Jamin Ketersediaan Energi, Pertamina Tembus Tantangan Geografis di Sulawesi Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Januari 14, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.