Bos Supreme Energy: Pengembangan Panas Bumi Berisiko Tinggi dan Butuh Waktu Panjang

Supramu Santosa, Founder dan Chairman PT Supreme Energy.

Jakarta, OG Indonesia --
Pengembangan panas bumi (geothermal) merupakan usaha yang berisiko tinggi dan membutuhkan waktu penyelesaian yang sangat panjang. 

Sebagai contoh adalah apa yang dikerjakan PT Supreme Energy di PLTP Muara Laboh di Sumatera Barat dan PLTP Rantau Dedap di Sumatera Selatan yang sangat sulit dan berisiko tinggi serta memerlukan waktu penyelesaian masing-masing 12 tahun dan 13 tahun mulai dari survei 3G sampai dengan tercapainya operasi secara komersial. Karena hasil eksplorasi yang tidak sesuai dengan yang diharapkan, kedua proyek tersebut hanya menghasilkan tenaga listrik kurang dari setengah dari yang direncanakan semula.

Permasalahan utama yang menyebabkan lambatnya pengembangan panas bumi adalah adanya gap antara kelayakan keekonomian investasi dengan kebijakan Pemerintah yang menekankan pada harga energi yang "affordable".

Hal itu disampaikan Founder dan Chairman PT Supreme Energy, Supramu Santosa, saat menerima penghargaan Lifetime Achievement Award dari Asosiasi Panasbumi Indonesia - Indonesian Geothermal Association (API-INAGA) pada acara The 8th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition 2022 di Jakarta, pada Rabu (14/9/2022. Penghargaan tersebut diterima Supramu berkat sumbangsihnya dalam pengembangan industri panas bumi di Indonesia selama ini. 

Supramu menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan ini merupakan apresiasi untuk para partner dan seluruh karyawan PT Supreme Energy yang sudah berjuang bersamanya dalam mengembangkan panas bumi di Indonesia melalui segala tantangan berat dan panjang.

Selanjutnya Supramu menyarankan agar API-INAGA bersama sama investor/pengembang dan Pemerintah harus bekerja bersama mencari solusi atas permasalahan yang ada, yaitu mencari titik temu antara keekonomian investasi PLTP dan harga listrik yang lebih 'affordable'. Kontribusi PLTP jangan hanya dilihat sebagai sumber energi yang andal tapi harus dilihat secara utuh seperti kontribusi terhadap lingkungan dan pembangunan ekonomi daerah.

“Kami telah melewati waktu 12-13 tahun dengan penuh semangat dan keyakinan bahwa panas bumi adalah suatu kebutuhan mutlak untuk medukung ketahanan energi nasional dimasa yang akan datang,” tegasnya. RH



Bos Supreme Energy: Pengembangan Panas Bumi Berisiko Tinggi dan Butuh Waktu Panjang Bos Supreme Energy: Pengembangan Panas Bumi Berisiko Tinggi dan Butuh Waktu Panjang Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, September 19, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.