Kecelakaan Kerja di Lapangan PetroChina, Dua Pekerja Meninggal Dunia


Jakarta, OG Indonesia -- 
Kecelakaan kerja yang terjadi di area NEB#9 pada Wilayah Kerja (WK) Jabung yang terjadi pada Minggu (18/12/2022) lalu telah menyebabkan dua pekerja meninggal dunia. Sebelumnya kecelakaan terjadi saat para pekerja telah selesai melakukan perbaikan Trunk Line 12” di area NEB#9 yang berlokasi di Desa Pematang Buluh, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada hari Minggu (18/12/2022) pukul 01.45 WIB. 

Pihak SKK Migas dan PetroChina International Jabung Ltd. menyampaikan kabar duka atas meninggalnya Randi Afrianto (25 tahun) pada Sabtu (24/12/2022) di Jakarta. 

“Manajemen dan pekerja PetroChina sungguh berduka dengan kepergian rekan kami Pak Randi. Kami tidak dapat membayangkan kesedihan keluarga yang ditinggalkan. Meski demikian, kami akan memberikan pendampingan terbaik bagi keluarga di masa berkabung ini,” ucap Vice President HR & Relations Dencio Renato Boele, Sabtu (24/12/2022).

Sehari sebelumnya, pada Jumat (23/12/2022) pekerja lainnya yaitu Kastalani (42 tahun) juga meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan di Jakarta.

"Keluarga besar PetroChina mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya Bapak Kastalani, salah satu pekerja yang mengalami kecelakaan kerja di area NEB#9, Desa Pematang Buluh, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan mendapat kekuatan menghadapi masa sulit ini," ucap Dencio sehari sebelumnya.

Dengan perkembangan terbaru ini, PetroChina mengumumkan dua korban meninggal dan enam korban luka-luka menyusul terjadinya kecelakaan Kerja di area NEB#9. Sampai dengan Senin (26/12/2022) PetroChina menginformasikan bahwa seorang pekerja yang mengalami kecelakaan kerja di Area NEB#9 dan dirawat di rumah sakit di Jambi telah diizinkan pulang pada hari Senin (26/12/2022). 

Sementara itu kondisi lima pekerja lainnya masih dirawat di Jakarta, di mana satu orang berada dalam perawatan intensif dan empat lainnya berada di bangsal perawatan biasa. 

Kecelakaan kerja yang terjadi Minggu (18/12/2022) di area NEB#9 yang berlokasi di Betara, Tanjung Jabung Barat, Jambi, melukai delapan pekerja. Dua di antaranya, Kastalani dan Randi Afrianto, yang meninggal setelah dirawat selama beberapa hari di Jakarta. Keduanya telah dimakamkan oleh keluarga masing-masing di Tanjung Jabung Barat.

Pada hari Senin (26/12/2022), Dencio mendampingi Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat mengunjungi pasien dan keluarga mereka di Jakarta. Manajer Senior Hubungan Kelembagaan SKK Migas Safe’i juga hadir dalam kunjungan tersebut. Dengan kondisi yang membaik, dua orang pekerja dapat berkomunikasi langsung dengan bupati, meski harus dilakukan melalui telepon ruangan. Anwar juga bertemu dengan anggota keluarga lain yang mendampingi para pekerja dan memberikan semangat serta dukungan.

Sampai dengan saat ini, investigasi internal mengenai kecelakaan kerja di area NEB#9 masih berlangsung. Pihak PetroChina menyatakan bahwa telah dipastikan bahwa saat terjadi kecelakaan, semua pekerja menggunakan APD lengkap sesuai dengan prosedur dan memiliki kelengkapan dokumen izin kerja yang diperlukan. RH

Kecelakaan Kerja di Lapangan PetroChina, Dua Pekerja Meninggal Dunia Kecelakaan Kerja di Lapangan PetroChina, Dua Pekerja Meninggal Dunia Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Desember 27, 2022 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.