Lemigas, Pertamina dan 13 Perusahaan Swasta Uji Banding Laboratorium Lumpur Pengeboran


Jakarta, OG Indonesia --
Unit pengujian di bawah Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, LEMIGAS telah melaksanakan Temu Karya Uji Banding Laboratorium Lumpur Pemboran pada 27 Desember 2022, di Bogor. Temu Karya Uji Banding Laboratorium Lumpur Pemboran ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh LEMIGAS dan bekerja sama dengan PT Pertamina Research Technology Innovation (RTI).

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi laboratorium-laboratorium yang bergerak di bidang lumpur pemboran dengan laboratorium-laboratorium lumpur sejenis," ujar Kepala LEMIGAS Ariana Soemanto saat ditemui di kantornya di Jakarta, Senin (2/1/2023).

Melalui kegiatan ini, lanjut Ariana, akan membantu laboratorium penguji dalam menilai kinerja laboratorium, melakukan analisa terhadap hasil uji yang didapat di laboratorium, dan dapat mengidentifikasi permasalahan yang mungkin ada di laboratorium-laboratorium lumpur pemboran. 

"Penting mengikuti uji banding agar hasil lab dapat terverifikasi, personil, alat, bahan dan lingkungan serta metode uji sehingga semua mampu menelaah," lanjutnya.

Uji Banding Laboratorium Lumpur Pemboran Tahun 2022 diikuti oleh 13 perusahaan swasta di Indonesia yang memiliki laboratorium lumpur pengeboran, Pertamina RTI dan LEMIGAS.

"Melalui kegiatan uji banding ini dapat terjalin kerja sama dengan laboratorium yang lebih banyak lagi terutama dengan laboratorium-laboratorium yang ada di sektor hulu. Dalam kesempatan ini, PT Pertamina RTI menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin dengan LEMIGAS," ujar Nilna Amelina mewakili PT Pertamina RTI.

Dengan adanya pemaparan pentingnya uji banding bagi laboratorium lumpur pengeboran ini dapat mengukur validasi data yang dikeluarkan oleh laboratorium lumpur pengeboran.

Selaku panitia pelaksana uji banding, Rachmi Kartini menyampaikan terima kasih kepada Pertamina RTI yang telah mempercayakan pelaksanaan uji banding ini kepada LEMIGAS.

Dari bidang hulu minyak dan gas bumi, pelaksanaan uji banding ini merupakan yang pertama, sebelumnya uji banding di bidang hilir migas sudah terlebih dahulu biasa dilaksanakan. Uji banding ini adalah wujud dari upaya untuk meningkatkan kinerja laboratorium-laboratorium yang bergerak di bidang lumpur pengeboran.

Uji banding laboratorium lumpur pengeboran melaksanakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan pembuatan sampel melalui proses penyeragaman dan stabilisasi sampel, dilanjutkan dengan pendistribusian sampel, waktu dan pengujian di laboratorium masing-masing peserta, pengumpulan data, pengolahan data, pengevaluasian data pengujian, dan diakhiri oleh laporan hasil uji banding yang telah disampaikan pada acara temu karya di Bogor kemarin.

Ke depannya diharapkan akan terjalin kerja sama yang lebih baik lagi dan uji banding Laboratorium Lumpur Pemboran dapat diikuti oleh lebih banyak lagi peserta. Kerjasama uji banding dengan PT Pertamina RTI berikutnya diharapkan dapat mencakup semua laboratorium-laboratorium yang bergerak di sektor hulu migas lainnya. R1

Lemigas, Pertamina dan 13 Perusahaan Swasta Uji Banding Laboratorium Lumpur Pengeboran Lemigas, Pertamina dan 13 Perusahaan Swasta Uji Banding Laboratorium Lumpur Pengeboran Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Januari 03, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.