Lawan Kanker untuk Indonesia Lebih Sehat


Jakarta, OG Indonesia --
Sebagai penyedia layanan kanker swasta terbesar di Indonesia, RS Siloam menyadari peran dan tanggung 
jawab besar yang diemban dalam pelayanan kepada masyarakat luas. Dengan pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan dari segi skala dan inovasi, RS Siloam berada dalam posisi strategis untuk mendukung transformasi layanan kesehatan di Indonesia yang dipimpin oleh Kementerian Kesehatan RI. 

Sebagai bagian dari grup RS Siloam, Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) memiliki visi menjadi “Building of Hope” atau Rumah Harapan bagi semua pasien kanker. Dibuka pada tahun 2011, MRCCC merupakan satu-satunya pusat kanker swasta terakreditasi dan telah berkembang menjadi pusat kanker tersier rujukan yang tepercaya dan harapan dari para mitra rumah sakit dan klinik dari seluruh Indonesia. 

Hingga kini, RS Siloam terus berperan aktif untuk menutup kesenjangan penanggulangan kanker dengan bersinergi bersama pemerintah, organisasi kesehatan, mitra atau rekanan, serta komunitas.

dr. Adityawati Ganggaiswari, Direktur RS MRCCC Siloam Semanggi mengatakan bahwa di MRCCC, dapat dilakukan deteksi dini, bedah onkologi, kemoterapi, dan radioterapi terpusat pada satu lokasi. "MRCCC terus mengembangkan diri sehingga pada tahun 2022 tercatat telah melayani lebih dari 91.000 pasien kanker, lebih dari 34.000 radioterapi, lebih dari 10.000 kemoterapi, lebih dari 4.600 prosedur pemindaian PET-CT Scan, dan melakukan lebih dari 2.900 tindakan operasi," katanya, Selasa (7/2/2023).

“MRCCC mengembangkan lima Pusat Unggulan (Centers of Excellence) yaitu Breast Cancer Care Alliance (kanker payudara), Gynaecology Cancer Center, Gastrointestinal Cancer Center, Lung Cancer Center, dan Hematology & Malignancy Center yang didukung oleh talenta medis dari beragam spesialisasi dan sub-spesialisasi, teknologi, serta infrastruktur. Ke depannya, kami juga melakukan investasi yang besar di bidang onkologi dengan membuka pusat-pusat onkologi di beberapa rumah sakit Siloam di Indonesia,” sambung Hendy Widjaja, Network Operations Managing Director Siloam Hospitals Group. 

Selain itu, MRCCC juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan alat penunjang seperti USG, Mamografi, MRI, PET-CT Scan serta laboratorium molekular diagnostik dan laboratorium patologi imunohistokimia yang berguna untuk menegakkan diagnosis dan menentukan terapi. Modalitas pengobatan kanker yang tersedia di MRCCC adalah bedah, kemoterapi, radioterapi, serta pengobatan yang customized seperti targeted therapy dan imunoterapi sesuai dengan hasil pemeriksaan genetik masing-masing individu. 

Pengobatan kanker di MRCCC ke depannya akan lebih bersifat personalized berdasarkan jenis dan mutasi gen kanker. Contohnya, dua orang yang terdiagnosis kanker payudara belum tentu membutuhkan pengobatan yang sama karena karakteristik sel kanker dapat berbeda.

Saat ini, Grup RS Siloam telah menggandeng mitra internasional seperti NCGM (National Center for Global Health and Medicine) dari Jepang dan SingHealth dari Singapura dalam memajukan perawatan kanker, menjalankan clinical trials, peningkatan kemampuan talenta medis, Good Clinical Practice (GCP), dan juga in-site training.

Ke depannya, grup RS Siloam akan terus berinvestasi dalam kemampuan medisnya dengan menambah 10 Linac (Linear Accelerator) untuk menjawab kebutuhan radioterapi di luar Jakarta dan Pulau Jawa. Upaya ini dilakukan demi mewujudkan prognosis yang lebih baik serta menyediakan perawatan yang personal dan akurat bagi setiap pasien. Dini

Lawan Kanker untuk Indonesia Lebih Sehat Lawan Kanker untuk Indonesia Lebih Sehat Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Februari 07, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.