Cabin Onsite Biostratigraphy Lemigas Tawarkan Uji Lab Efektif dan Efisien dalam Kegiatan Eksplorasi


Jakarta, OG Indonesia --
Industri minyak dan gas bumi tidak terlepas dari kegiatan eksplorasi dan produksi pada area offshore dan onshore. LEMIGAS dihadapkan pada tantangan untuk dapat memberikan pelayanan pengujian laboratorium secara efektif dan efisien. Dalam menjawab tantangan tersebut LEMIGAS saat ini telah mengaplikasikan Jasa Laboratorium Onsite Biostratigraphy.

Jasa Laboratorium Onsite Biostratigrafi yang diaplikasikan merupakan Kabin Unit Laboratorium Stratigrafi yang bersifat mobile. Cabin Unit Onsite Biostratigraphy ini dilengkapi dengan sarana kegiatan laboratorium stratigrafi termasuk peralatan preparasi seperti oven, centrifuge, fume hood, termasuk microscope binoculair untuk analisis Foraminifera, microscope polarization untuk analisis Nannoplankton serta microscope transmition fluorescene untuk analisis Palinology. 

Layaknya laboratorium standar yang ada di LEMIGAS, kabin ini juga dilengkapi dengan instalasi kelistrikan, distribusi air yang memadai dan sarana pendingin ruangan. Kabin ini telah memenuhi standar internasional kualifikasi offshore dengan adanya Sertifikat DNV 2.7-1 yang lolos uji visual inspection, NDT inspection, load test, verifikasi material dan prototype testing. Unit lab ini juga dilengkapi dengan standar safety seperti APAR, eye wash, emergency lamp, emergency exit, masker dan petunjuk lainnya.

“Kabin Unit Stratigrafi ini ditujukan untuk meningkatkan jasa layanan stratigrafi dalam memecahkan masalah eksplorasi di lapangan baik onshore maupun offshore secara real time sesuai target pengeboran sumur eksplorasi. Selanjutnya, hasil analisis  pada Umur atau Zonasi tertentu, serta batas batas formasi batuan yang sangat berguna dalam menunjang analisis geologi secara terintegrasi dengan data sub surface dalam pengeboran sumur eksplorasi," tutur Ariana Soemanto Kepala LEMIGAS di Jakarta,  Rabu (22/2/2023).

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan Onsite/Wellsite Biostratigraphy, antara lain :

1. Untuk menyediakan data biostratigrafi terkini langsung di lokasi pengeboran.

2. Untuk memberikan arahan biostratigrafi dalam pengeboran untuk mencapai target reservoir atau lapisan penting pada interval coring.

3. Sangat berguna dalam interpretasi target reservoar seperti umur dan lingkungan pengendapan serta perubahan facies secara vertikal ataupun suksesi sedimen, terutama pada bagian sedimen sistem deltaik.

4. Untuk memberikan arah pengeboran horizontal agar tetap pada interval lapisan sedimen sebagai target reservoir.

5.  Analisis Biostratigrafi Onsite secara real time bisa membantu dalam mengontrol data drilling serta proyeksi data pengeboran baik vertikal maupun horizontal sesuai dengan interval lapisan sediman yang diharapkan sehingga sangat efektif.

Koordinator Pengujian Eksplorasi Migas, Junita Trivianty mengungkapkan, stratigrafi dalam melakukan pelayanan jasa laboratorium dan studi serta kegiatan teknis di bidang teknologi meliputi analisis biostratigrafi antara lain foraminifera, nanoplangton, palinologi dan radiolaria dalam interpretasi umur/zonasi, lingkungan pengendapan, omponen sikuen stratigrafi, indentifikasi fault/unconformity yang penting dalam analisis geologi model secara komprehesif. Pernyataan tersebut diamini oleh Imam Prayitno sebagai Kepala Kelompok Stratigrafi.

Jasa Lab Onsite ini telah dimanfaatkan oleh KKKS seperti BUMN beserta anak perusahaannya serta oil company baik dari dalam dan luar negeri seperti Total EP Indonesia, Pertamina dan anak perusahaannya, seperti PHE Tuban East Java, PGN Saka Energi dan dalam waktu dekat akan bekerja sama juga dengan Petrogas di Area Kepala Burung, Papua Barat. R1

Cabin Onsite Biostratigraphy Lemigas Tawarkan Uji Lab Efektif dan Efisien dalam Kegiatan Eksplorasi Cabin Onsite Biostratigraphy Lemigas Tawarkan Uji Lab Efektif dan Efisien dalam Kegiatan Eksplorasi Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, Maret 01, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.