Langkah Pertamina Tangani Korban dan Atasi Kebakaran di Depo BBM Plumpang Diapresiasi Pengamat


Jakarta, OG Indonesia --
Pengamat energi yang juga Direktur Eksekutif Pusat Studi Kebijakan Publik (PUSKEPI) Sofyano Zakaria mengapresiasi upaya Pertamina atas penanganan korban serta langkah untuk mengatasi kebakaran yang terjadi di Integrated Terminal Jakarta atau Depo BBM Pertamina Plumpang di Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam.

"Apa yang dilakukan pihak Pertamina dalam menangani korban dan mengatasi kebakaran yang terjadi juga terbukti sangat cepat dan pantas diapresiasi," kata Sofyano dalam keterangannya, Sabtu (4/3/2023) pagi.

Sofyano mengatakan, kebakaran yang terjadi di Depo BBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara adalah sebuah musibah yang terjadi di luar kemampuan dan perkiraan manusia.

"Kejadian kebakaran tersebut lebih merupakan musibah ketimbang kecelakaan biasa yang tentunya di luar kehendak dan perkiraan manusia," tuturnya.

Selain itu, kehadiran para pejabat Direksi Pertamina pada Jumat malam yang langsung terjun ke lokasi kebakaran dan ke Rumah Sakit yang menangani korban, menurut Sofyano juga pantas dihargai. "Ini pertanda bahwa pihak Pertamina bergerak cepat menangani musibah yang terjadi," ucapnya.

"Perhatian dan kepedulian pihak Pemerintah yang langsung terjun ke lokasi musibah Plumpang tadi malam juga sangat pantas diapresiasi," sambungnya.

Namun Sofyano mengingatkan, dengan terjadinya musibah kebakaran di depo BBM Pertamina Plumpang ini, maka sudah saatnya Pemerintah dan juga Pertamina mengkaji dan menata ulang sedemikian rupa keberadaan perumahan warga yang ada di dekat depo BBM tersebut.

"Pada dasarnya Depo BBM Plumpang telah jauh lebih dulu berdiri dan dibangun sebelum adanya rumah-rumah yang dibangun warga di sekitar depo itu," ungkapnya.

"Sehingga bisa dipastikan bahwa pembangunan dan keberadaan depo BBM tersebut sudah pasti memenuhi syarat dan ketentuan internasional terkait pembangunan depo BBM sehingga tidak tepat jika ada pihak yang menilainya sebagai sebuah kelalaian," tutup Sofyano. RH

Langkah Pertamina Tangani Korban dan Atasi Kebakaran di Depo BBM Plumpang Diapresiasi Pengamat Langkah Pertamina Tangani Korban dan Atasi Kebakaran di Depo BBM Plumpang Diapresiasi Pengamat Reviewed by Ridwan Harahap on Sabtu, Maret 04, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.