Pertamina Peduli Gelar Pelatihan Industri Kreatif Manfaatkan Tempurung Kelapa


Jayapura, OG Indonesia --
Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa Papua berkolaborasi dengan Pertamina Peduli menggelar kegiatan pelatihan kerajinan tangan dari pemanfaatan tempurung kelapa. Kegiatan ini berlangsung di Galeri Kelompok Kobek Millenial, Dok VIII Atas, Kelurahan Imbi, Jayapura Utara pada hari Kamis, 2 Maret 2023.

Umayra Maulida selaku Kepala LKC-DD Papua menerangkan bahwa program kolaborasi bersama dengan Pertamina Peduli ini sudah berlangsung sejak tahun 2021.

“Pelatihan kerajinan ini sudah berlangsung sejak 2021, kemudian hari ini kita melakukan cara packaging atau pengemasan. Tujuannya agar kerajinan yang dihasilkan ini mampu dikemas dengan menarik, untuk menjadi daya tarik ketika akan dipasarkan,” tutur Umayra.

Adapun kerajinan yang dihasilkan salah satunya ialah kemasan gantungan kunci dan hiasan serta ornamen-ornamen khas dari Papua. Lebih lanjut Umayra menerangkan program pelatihan ini sudah melewati beberapa proses, seperti mencari pemasok tempurung kelapa, kemudian pemberian pelatihan manajemen keuangan dan manajemen pemasaran.

“Pelatihan yang diikuti oleh para pemuda yang tergolong dalam kelompok kobek milenial ini sudah melewati beberapa tahapan, program yang merupakan kolaborasi bersama dengan Pertamina Peduli ini sebelumnya sudah melakukan berbagai kegiatan, kita yang juga bertindak sebagai fasilitator berupaya untuk mencari pemasok tempurung kelapanya, kemudian kita memberikan pelatihan manajemen keuangannya, lalu manajemen pemasarannya dan yang hari ini kita lakukan ialah mengajarkan cara pengemasan atau packaging,” ujar Umayra.

Umayra berharap melalui pelatihan ini, para peserta yang terlibat mampu memiliki keterampilan yang bisa bermanfaat, mengisi waktu luang agar semakin produktif. RH

Pertamina Peduli Gelar Pelatihan Industri Kreatif Manfaatkan Tempurung Kelapa Pertamina Peduli Gelar Pelatihan Industri Kreatif Manfaatkan Tempurung Kelapa Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Maret 03, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.