BPH Migas Ingatkan Pentingnya Faktor Keamanan dalam Penyediaan dan Distribusi BBM


Bandar Lampung, OG Indonesia -- 
Tersedianya pasokan energi yang andal, khususnya Bahan Bakar Minyak (BBM), jelang Idul Fitri 1444 H menjadi kunci agar masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman. Di saat bersamaan, faktor keamanan juga harus menjadi prioritas. 

Hal tersebut dikatakan Anggota Komite Badan Pengaturan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Yapit Sapta Putra, saat melakukan pengawasan serta pemantauan distribusi BBM di wilayah Lampung, Senin hingga Rabu, 10-12 April 2023.

Yapit meminta badan usaha untuk cepat melakukan antisipasi, jika ada kendala saat proses pengangkutan BBM. “Karena BBM merupakan urat nadi bagi seluruh moda transportasi,” ucap Yapit. 

Di samping itu, Yapit juga menyampaikan pentingnya faktor keamanan dan keselamatan dalam bekerja sehingga semua dapat berjalan dengan baik.

"Near miss itu kadang-kadang bisa menjadi insiden, apabila tidak siap dan berulang-ulang diabaikan. Hal-hal kecil seperti itu harus menjadi perhatian bagi kita semua. Safety first,” tegasnya.

Dalam kesempatan sama, Executive Vice President KAI Divisi Region IV Januri menjelaskan langkah antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kereta penolong telah siap siaga di beberapa titik.

Sedangkan Asmen Umum ASDP Indra Hariyadi mengungkapkan, langkah yang sudah dipersiapkan dengan penambahan beberapa lintasan seperti Pelabuhan Indah Kiat ke Pelabuhan Bakauheni dan alternatif rute Pelabuhan Ciwandan ke Pelabuhan Panjang untuk membantu Pelabuhan Merak-Bakauheni saat libur Ramadan dan Idul Fitri. 

Dalam kunjungan ini, Yapit juga mengunjungi Rest Area KM 49 A Jalan Tol Pelabuhan Bakaheuni menuju kota Bandar Lampung. Secara umum telah dipersiapkan SPBU Modular di sepanjang Rest Area untuk mengantisipasi pemudik yang kehabisan BBM di jalur tersebut. RH

BPH Migas Ingatkan Pentingnya Faktor Keamanan dalam Penyediaan dan Distribusi BBM BPH Migas Ingatkan Pentingnya Faktor Keamanan dalam Penyediaan dan Distribusi BBM Reviewed by Ridwan Harahap on Minggu, April 16, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.