Ini Tiga WK Migas yang Ditawarkan dalam Lelang WK Migas Tahap I-2023


Jakarta, OG Indonesia --
Peningkatan produksi minyak dan gas bumi nasional terus diupayakan Pemerintah, antara lain melalui penawaran wilayah kerja migas secara kontinyu. Karena itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang diwakili Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji, mengumumkan Penawaran Wilayah Kerja Migas Tahap I Tahun 2023, pada Senin (10/4/2023) di Jakarta.

Sebanyak 3 (tiga) wilayah kerja (WK) ditawarkan pada tahap ini. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji menguraikan lebih lanjut potensi masing-masing WK yang ditawarkan, di mana seluruhnya menggunakan skema bagi hasil Cost Recovery:

1. WK Akia berlokasi di Lepas Pantai Kalimantan Utara merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 2 billion barel oil (BBO) minyak dan 9 triliun cubic feet (TCF) gas. Lokasi WK Akia ini berdekatan dengan beberapa WK yang sudah terbukti potensi hidrokarbonnya seperti Tarakan, Bunyu dan Nunukan.

2. WK Beluga yang berlokasi di Lepas Pantai Natuna Barat merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 360 juta barel oil (MMBO) minyak dan 50 billion cubic feet (BCF) gas. Lokasi WK Beluga ini dekat dengan South Natuna Sea Block B, Duyung, Natuna Sea Block A, Udang dan Kakap, di mana WK-WK migas tersebut sudah terbukti potensi hidrokarbonnya.

3. WK Bengara I berlokasi di Dataran Kalimantan Utara, merupakan WK Eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sebesar 90 juta barel oil equivalent (MMBOE) minyak dan gas. Lokasinya juga berdekatan dengan WK yang potensi hidrokarbonnya sudah terbukti seperti WK Simenggaris dengan produksi berupa gas bumi.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendukung pengembangan kegiatan hulu migas di dalam negeri, dengan terus melakukan improvement dalam sistem pengelolaan minyak dan gas bumi sehingga dapat meningkatkan keyakinan investor dalam melakukan investasi,” ujar Tutuka. RH

Ini Tiga WK Migas yang Ditawarkan dalam Lelang WK Migas Tahap I-2023 Ini Tiga WK Migas yang Ditawarkan dalam Lelang WK Migas Tahap I-2023 Reviewed by Ridwan Harahap on Senin, April 10, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.