Lomba Foto IPA Convex 2023 "Energi Bagi Indonesia" Diikuti Ratusan Fotografer


Jakarta, OG Indonesia --
Indonesian Petroleum Association (IPA) bersama komunitas fotografi “Kelas Pagi” s
ukses mengadakan Lomba Foto dengan tema “Energi Bagi Indonesia”. Kompetisi fotografi ini merupakan salah satu rangkaian acara Pameran dan Konvensi IPA (“IPA Convex”) yang digelar ke-47 pada tahun ini. Lomba dengan total hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 136,5 juta ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kategori, seperti: umum, pelajar, dan jurnalis. 

Berdasarkan data yang diperoleh, sebanyak 590 orang dari berbagai daerah di Indonesia mendaftar sebagai peserta lomba yang telah berlangsung sejak 26 Januari 2023. “Dari ratusan peserta itu, terkumpul sebanyak 230 karya foto dan video reels yang diunggah para peserta melalui akun media sosialnya masing-masing,” ungkap Ketua Panitia IPA Convex 2023, Krishna Ismaputra, di Jakarta, Rabu 24 Mei 2023. 

Selanjutnya, menurut dia, foto dan video yang diterima tersebut dilakukan kurasi oleh komunitas foto “Kelas Pagi” dan kemudian menjalani proses penjurian oleh dewan juri yang terdiri dari para profesional di bidang fotografi. Mereka di antaranya: Agan Harahap, Arbain Rambey, Astrid Febrina, Beawiharta, Dita Alangkara, Martha Suherman, Okky Anak Dolan, dan Yulianus Firmansyah Ladung.

Setelah melewati berbagai tahapan seleksi awal, terpilih beberapa karya foto dan video yang menjadi nominasi pemenang. Panitia kemudian menghubungi para nominator untuk diminta menunjukkan file asli karya foto dan video mereka guna mengikuti proses penilaian lebih lanjut. 

"Memilih foto dan video terbaik dari ratusan karya yang ada tentu bukan hal yang mudah. Dibutuhkan kejelian dan insting sebagai seorang fotografer profesional untuk menentukan yang terbaik dari yang terbaik, “ katanya.

Kepada para peserta lomba, Krishna pun menyampaikan ucapan terima kasih atas antusiasme dalam mengikuti lomba foto ini. Harapannya, karya-karya foto dan video yang ada dapat membantu membuka wawasan masyarakat secara umum tentang industri migas di Indonesia, khususnya hulu migas, dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan dengan memastikan ketersediaan energi bagi seluruh rakyat Indonesia. 

“Meskipun saat ini, Indonesia dan seluruh negara di dunia sedang masuk dalam masa transisi energi menuju energi baru dan terbarukan, tetapi sektor migas tetap diperlukan saat ini sebagai salah satu sumber energi dan faktor produksi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kami berharap lomba seperti ini dapat semakin meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya peran industri migas bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ujarnya. 

Seluruh karya foto para pemenang lomba ditayangkan pada kanal resmi media sosial IPA, baik instagram, facebook, twitter, dan linkedin. Berikut para pemenang Lomba Foto IPA Convex 2023 berdasarkan masing-masing kategori yang dilombakan. 

KATEGORI FOTO TUNGGAL - UMUM

Juara I : @kang_maman99

Juara II: @agung_as

Juara III: @adidiastoro_id

KATEGORI FOTO TUNGGAL - PELAJAR/MAHASISWA

Juara I : @alimsaptr

Juara II @achmd_motret02

Juara III: @bambank.jpg

KATEGORI FOTO TUNGGAL - JURNALIS

Juara I: @kawan.kg

Juara II: @adicumisastroputro

Juara III: @devanocturno

KATEGORI FOTO SERI

Juara I: @balaophoto

Juara II: @solimannsetya07

Juara III: @adityadandito

KATEGORI VIDEO REELS

Juara I: @pongoro_foto

Juara II : @novita.ina07

Juara III: @adestf.i RH

Lomba Foto IPA Convex 2023 "Energi Bagi Indonesia" Diikuti Ratusan Fotografer Lomba Foto IPA Convex 2023 "Energi Bagi Indonesia" Diikuti Ratusan Fotografer Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, Mei 25, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.