PLTGU Priok, Pembangkit Andal dan Ramah Lingkungan di Jantung Ibu Kota Jakarta


Jakarta, OG Indonesia --
Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Priok adalah pembangkit yang dikelola oleh PLN Indonesia Power yang bertempat di pantai utara Kota Jakarta. Pembangkit yang ramah lingkungan ini memiliki kapasitas sebesar 2.723 MW dengan menggunakan gas alam atau lebih tepatnya Natural Gas Combined Cycle (NGCC) dan LNG sebagai bahan bakar.

Pembangkit listrik ramah lingkungan terbesar di Asia Tenggara ini didukung dengan sistem pembakaran Dry Low Nitrogen Oksida (Nox) tipe Combuster di PLTGU sehingga menghasilkan emisi gas buang pembangkit Nox ramah lingkungan. Hal ini merupakan komitmen PLN dalam mendukung program Pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060. 

Di samping itu, keberadaan dan keandalan pembangkit listrik yang telah meraih Penghargaan Proper Emas dua kali kali berturut-turut pada tahun 2021 dan 2022 ini sangatlah vital, di mana PLTGU Priok ini menyuplai kebutuhan listrik di Istana Wapres dan lokasi vital lainnya. 

“PLTGU Priok memiliki peranan penting dimana kebutuhan listrik di Istana Wakil Presiden, Bandara Halim, dan pangkalan TNI Halim disuplai dari PLTGU Priok, di samping itu kami juga berperan mendukung 65 persen kebutuhan beban di subsistem Priok-Cawang-Bekasi,” ujar General Manager Priok Power Generation Unit, Igan Subawa Putra di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

PLN Indonesia Power Priok PGU juga mempunyai sub unit PLTD senayan yang memiliki peran penting dalam program anti blackout yaitu, sebagai backup power MRT dan inisiasi line charging untuk Blackstart PLTGU priok dan muara karang. "Saat ini pembangkit kami mendukung keaandalan kelistrikan di sistem Jawa-Madura-Bali dengan program anti blackout dan fast response system," sambungnya.

Di beberapa tahun terakhir pembangkit tenaga listrik ramah lingkungan ini berhasil meraih berbagai prestasi mentereng seperti Penghargaan Proper Emas di tahun 2021 dan 2022, Penghargaan Gold dari ISDA Award pada tahun 2019, 2020, dan 2021, Penghargan Bintang 5 TOP CSR Award, Penghargaan Zero Accident, serta Penghargaan Gold pada CSR & PDB Award di tahun 2023. 

"Hal ini membuktikan bahwa PLTGU Priok tidak hanya concern untuk memastikan kehandalan listrik bagi Indonesia, namun juga memiliki komitmen untuk peduli terhadap masyarakat dan lingkungan," pungkasnya. RH

PLTGU Priok, Pembangkit Andal dan Ramah Lingkungan di Jantung Ibu Kota Jakarta PLTGU Priok, Pembangkit Andal dan Ramah Lingkungan di Jantung Ibu Kota Jakarta Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, Mei 10, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.