RUPS Tahun Buku 2022: Pertamina EP Capai Kinerja Optimal


Jakarta, OG Indonesia -- 
Di tahun 2022, Pertamina EP (PEP) selaku Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina melanjutkan penyesuaian strategi di seluruh lini operasi untuk menciptakan pertumbuhan. Upaya ini dijalankan untuk merealisasikan komitmen Perusahaan dalam memastikan produksi migas yang mampu mendukung dan berkontribusi pada ketahanan energi.

Melalui strategi eksekusi program kerja dalam penambahan cadangan hidrokarbon baru, PEP melakukan 7 pengeboran sumur eksplorasi dan mencatat pertumbuhan kinerja melalui realisasi temuan 2C sebesar 128,77 MMBOE atau 160,3% dari target, yang terdiri dari minyak mentah 25,33 MMBO dan gas bumi 599,25 BCFG. Capaian optimal ini dipaparkan oleh Dewan Komisaris dan Dewan Direksi pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) PEP tahun buku 2022 yang digelar Selasa (9/5/2023).

Hadir dalam RUPST tersebut antara lain Pemegang Saham mayoritas PT Pertamina Hulu Energi yang diwakili oleh Awang Lazuardi selaku Direktur Pengembangan dan Produksi PT Pertamina Hulu Energi; Rahmi Amini selaku Direktur PT Pertamina Pedeve Indonesia; Komisaris Utama PEP, Virano Nasution dengan didampingi Komisaris Muhamad Ali, dan Direktur Utama PEP Wisnu Hindadari beserta seluruh Dewan Direksi yaitu Direktur 1 Jaffee Arizon Suardin, Direktur 3 Chalid Said Salim, dan Direktur 4 Endro Hartanto.

Mengulas kinerja operasional, produksi minyak PEP rata-rata adalah 70.162 BOPD sedangkan rata-rata produksi gas bumi 848,93 MMSCFD. Perolehan ini antara lain didukung dari 113 pengeboran sumur pengembangan yang telah diselesaikan.

Meski sebagian besar sumur produksi telah melewati usia yang matang yang secara alamiah dihadapkan pada kondisi deklinasi, PEP terus meningkatkan Kerja Ulang Pindah Lapisan (KUPL)/Work Over sebanyak 156 dan Perawatan Sumur/Well Service mencapai 157 pekerjaan untuk menambah produksi migas.

Dunia migas harus adaptif beroperasi dengan efektif, efisien dan mengedepankan aspek keselamatan kerja. Melalui komitmen Golden Rules (Patuh, Peduli, Intervensi) yang konsisten dijalankan, dimana PEP berhasil mencapai 58.609.012 safe manhours dan zero fatality di 2022. 

Melalui program pengelolaan lingkungan, PEP mendapatkan penghargaan 3 PROPER Emas, 14 PROPER Hijau, dan 3 PROPER Biru. Atas capaian yang baik ini, para pemegang saham berharap kinerja operasional dan Health, Safety, Security & Environment (HSSE) semakin ditingkatkan di tahun 2023 dengan tetap menjadikan aspek GCG menjadi budaya seluruh personal PEP untuk menjaga integritas sesuai dengan Tata Nilai Pertamina yaitu AKHLAK.

“Saya sangat memahami tantangan yang ada, diharapkan insan PEP dapat melakukan improvement untuk meningkatkan success ratio pemboran di Tahun 2023 secara kuantitas mencakup pengeboran sumur, work over dan well intervention,” pungkas Awang. RH

RUPS Tahun Buku 2022: Pertamina EP Capai Kinerja Optimal RUPS Tahun Buku 2022: Pertamina EP Capai Kinerja Optimal Reviewed by Ridwan Harahap on Jumat, Mei 12, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.