RUPST Elnusa Konsisten Bagikan Dividen 50 Persen dari Laba Bersih


Jakarta, OG Indonesia --
PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) pada Selasa (6/6/2023) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2022. Gelaran ini menggunakan dua mekanisme kehadiran yaitu hadir dalam rapat secara fisik juga secara elektronik melalui aplikasi eASY.KSEI.

RUPST Elnusa membahas lima mata acara di antaranya:

1. Persetujuan Laporan Tahunan 2022 termasuk di dalamnya Laporan Pengawasan Dewan Komisaris dan Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022;

2. Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan Tahun Buku 2022;

3. Penetapan Tantiem tahun 2022 dan Remunerasi tahun 2023 bagi anggota Direksi dan Dewan Komisaris;

4. Penunjukan Akuntan Publik untuk Melakukan Audit Laporan Keuangan Tahunan Perseroan tahun buku 2023;

5. Persetujuan Perubahan Susunan Pengurus Perseroan.  

Corporate Secretary Elnusa, Asmal Salam mengatakan bahwa tahun 2022 adalah tahun di mana Elnusa berhasil bangkit dari tekanan yang melanda sejak pandemi 2020. 

"Perseroan membukukan pendapatan usaha sebesar Rp12,3 triliun pada 2022, naik 51% Year on Year (YoY) dari tahun 2021 sebesar Rp8,1 triliun dengan laba bersih Rp378 miliar, tumbuh substantial 248% Year on Year (YoY) dari tahun 2021 sebesar Rp108 miliar. Perolehan tersebut didorong atas peningkatan di semua segmen bisnis Perseroan seiring dengan peningkatan aktivitas hulu migas dan kebutuhan BBM industri maupun masyarakat," jelas Asmal.

“Atas pencapaian tersebut, RUPST menyetujui pembagian dividen sebesar Rp189 miliar atau 50% dari Laba Bersih Tahun Buku 2022. Pembagian tersebut setara dengan Rp25,90 per saham dan sisanya akan menjadi laba ditahan atau retained earning Perseroan," lanjut Asmal.

Asmal menambahkan, dalam RUPST, sesuai dengan usulan dari Pemegang Saham Pengendali terkait dengan mata acara Perubahan Susunan Pengurus Perseroan, RUPST menyetujui pergantian Pengurus Perseroan. 

"Elnusa mengganti Direktur SDM & Umum Elnusa Tenny Elfrida, yang telah menyelesaikan satu periode masa jabatannya, RUPST juga menyetujui pengangkatan Hera Handayani sebagai Direktur SDM & Umum Elnusa yang baru dan mengangkat kembali Agus Prabowo sebagai Komisaris Utama Elnusa," terangnya.

Asmal menyampaikan bahwa pihak Elnusa mengucapkan terima kasih kepada anggota Direksi atas dedikasi dan kontribusinya selama mengemban amanah di Perusahaan. Atas perubahan tersebut maka efektif setelah ditutupnya RUPST, susunan Pengurus Perseroan adalah sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS: 

Komisaris Utama: Agus Prabowo 

Komisaris: Wakhid Hasyim 

Komisaris Independen: Lusiaga Levi Susila

Komisaris Independen: Hernawan Bekti Sasongko

DIREKSI:

Direktur Utama: John Hisar Simamora

Direktur Keuangan: Bachtiar Soeria Atmadja

Direktur Operasi: Charles Harianto Lumbantobing

Direktur Pengembangan Usaha: Ratih Esti Prihatini

Direktur SDM & Umum: Hera Handayani RH

RUPST Elnusa Konsisten Bagikan Dividen 50 Persen dari Laba Bersih  RUPST Elnusa Konsisten Bagikan Dividen 50 Persen dari Laba Bersih Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Juni 06, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.