Stafsus Milenial Presiden Berharap Industri Hulu Migas Jadi Inkubator Talenta Muda Papua


Sorong, OG Indonesia --
Pemerintah memberikan apresiasi progres industri migas karena memiliki komitmen mendorong terjadinya akselerasi program dan memiliki dampak berganda dari sektor produksi sehingga berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah Papua dan Maluku. 
Hal tersebut disampaikan Billy Mambrasar, Staf Khusus Milenial Presiden Jokowi, usai menghadiri dan menjadi pembicara pada Forum Kapasitas Nasional di Sorong, Papua Barat Daya, Rabu - Kamis, 7- 8 Juni 2023.

Menurut Billy, dirinya mengikuti perkembangan industri hulu migas di tanah Papua - Maluku. Progres industri hulu migas tersebut menurutnya telah dilaporkan ke Presiden Jokowi dan hal tersebut sejalan dengan program hilirisasi yang dicanangkan pemerintah.

Selain sejalan dengan program hilirisasi, hal tersebut juga seiring dengan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 yang mengamanatkan percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat yang kini telah berkembang dengan lahirnya 4 provinsi baru, yaitu Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

“Hilirasi sektor migas memiliki dampak berganda dari sektor produksi migas, seperti perputaran uang di daerah dengan cara menghidupkan vendor lokal dan UMKM, khususnya tanah Papua,” ujar Billy yang merupakan kelahiran Kabupaten Yapen. 

Billy berharap industri hulu migas menjadi inkubator atau pendorong bergeraknya talenta-talenta muda untuk membangkitkan ekonomi kreatif. “Anak-anak Papua bisa  menjadi anak-anak kreatif dan industri hulu migas atau KKKS menjadi pendorong, dan menjadi pusat inkubasi bisnis,” ungkapnya

Billy melanjutkan, selama ini peran Industri hulu migas di tanah Papua untuk pekerja-pekerja asli anak-anak Papua sudah cukup terakomodir, “IndustrI migas di wilayah Papua dan Maluku berkomitmen merekrut orang lokal, BP Tangguh mengejar 85 persen pekerja lokal,” ungkap Billy.

Samuk selaku Tangguh Papuan Affair Manager BP Tangguh, mengatakan BP Tangguh  memberikan peluang bagi talenta-talenta baru dan anak-anak Papua. “Kita sama-sama saling support dan menjadi inkubator yang bisa membantu mereka,“ kata samuk, yang juga anak Papua. Sejauh ini, menurut Samuk, BP Tangguh telah bekerjasama dengan perusahaan atau vendor lokal di bidang katering, konveksi, taksi laut  dan konsultan.

Sementara itu, Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko mengatakan SKK Migas dan KKKS memiliki komitmen untuk melakukan pembinaan terhadap anak-anak muda Papua, seperti dalam bidang pendidikan, Vendor lokal dan  UMKM. “Kami sampaikan Industri migas, bukanlah industri yang eksklusif, kami sangat peduli dengan masyarakat segala strata,” kata Rudi. RH


Stafsus Milenial Presiden Berharap Industri Hulu Migas Jadi Inkubator Talenta Muda Papua Stafsus Milenial Presiden Berharap Industri Hulu Migas Jadi Inkubator Talenta Muda Papua Reviewed by Ridwan Harahap on Kamis, Juni 08, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.