Komunitas Migas Indonesia – Hexagon, Dorong Implementasi Digital PSAIM Dalam Optimalisasi Operasi Hulu Migas

Jakarta, OG Indonesia— Upaya meningkatkan produksi minyak di Wilayah Kerja (WK), dalam mencapai target 1 juta barel minyak per hari (BOPD)  di tahun 2030. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penggunaan teknologi terbaru di lapangan melalui tranformasi digital.

Komunitas Migas Indonesia (KMI) bersama Hexagon ALI Indonesia telah menggelar Focus Group Discussion bertajuk “Implementasi Process Safety & Asset Integrity Management Dengan Keunggulan Teknologi Dalam Menunjang Operasi Hulu Migas” dengan menghadirkan pakar khusus untuk mengupas tema menarik ini.

S. Herry Putranto, Chairman Komunitas Migas Indonesia (KMI) mengungkapkan bahwa digelarnya agenda ini merupakan upaya serius dari KMI untuk menjembatani professional migas dan juga Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Indonesia untuk terus bertransformasi guna terciptanya kinerja optimal dalam menunjang target produksi yang diharapkan, dalam hal ini dengan implementasi Process Safety & Asset Integrity Management (PSAIM) berbasis digital.

“KMI bekerjasama dengan Hexagon menghadirkan puluhan peserta utusan dari Pertamina Hulu Energi dimana ini sangat luar biasa karena ada perwakilan dari 14 Zona dari 5 Regional, serta ditambah para stakeholder lain yang diutus dari berbagai perusahaan energi diantaranya PLN, Medco dan Vale,”jelas Herry, (26/10/2023).

Hadir sebagai salah satu pembicara Paul Thornberry, Senior Manager Pre Sales Hexagon, dirinya menjelaskan bahwa Hexagon merupakan salah satu perusahaan terdepan dalam transformasi industri, khususnya untuk mendorong efisiensi pada industri minyak, gas dan juga bahan kimia di seluruh dunia. Dalam kesempatan ini juga Hexagon berbagi banyak terkait visinya yakni Smart Digital Reality.

“Cara Hexagon memberikan nilai ini didasarkan pada pendekatan kami terhadap empat pilar utama transformasi digital yakni Data, Digital, Automate, Sustainability,”ungkap Paul.

Paul Thornberry, Senior Manager Pre Sales Hexagon

Hexagon juga menghadirkan pembicara lain, diantaranya Mathew Thomas selaku Senior Industry Consultant dan Misuari Abd Rhaman selaku Account Executive.

Ahmad Taufik, Koordinator KBK Asset Intergrity & Reliability KMI

Tak hanya itu, dua pakar yang dihadirkan oleh Komunitas Migas Indonesia (KMI) Darmawan Ahmad Mukharror, Koordinator KBK Process Safety dan Ahmad Taufik, Koordinator KBK Asset Intergrity & Reliability menambah berbobotnya agenda ini.

Ahmad Taufik menjelaskan bahwa Implementasi Asset Integrity Management (AIM) dalam operasi migas dapat mengarah pada keselamatan, lingkungan dan sosial yang sangat baik. “Implementasi AIM ini menunjang sekali untuk mendukung keefektifan operasi migas karena keandalan dan ketersediaan yang maksimal dari sistem sangat penting bagi operasi, sehingga pengeluaran menjadi sangat optimal untuk pemeliharaan aset dan meminimalkan kegiatan pemeliharaan yang tidak perlu,”pungkasnya.
Komunitas Migas Indonesia – Hexagon, Dorong Implementasi Digital PSAIM Dalam Optimalisasi Operasi Hulu Migas Komunitas Migas Indonesia – Hexagon, Dorong Implementasi Digital PSAIM Dalam Optimalisasi Operasi Hulu Migas Reviewed by OG Indonesia on Kamis, Oktober 26, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.