EMP Menyampaikan Kinerja Keuangan untuk Periode Q3 2023

Foto: Hrp

Jakarta, OG Indonesia --
PT Energi Mega Persada Tbk (“EMP” atau “Perusahaan”) pada Selasa (31/10/2023) menyampaikan laporan keuangannya pada periode 9 bulan pertama di tahun 2023. Penjualan Bersih dan EBITDA masing-masing mengalami penurunan sebesar 14% dan 24%. Hal ini disebabkan oleh penurunan produksi gas harian dan penurunan harga penjualan minyak karena harga minyak dunia yang lebih rendah. 

"Penurunan produksi gas harian disebabkan karena penyerapan gas yang lebih rendah di aset Kangean oleh pembeli yang berlokasi di Jawa Timur. Saat ini Perusahaan tengah mempersiapkan rencana kerjanya termasuk di antaranya mencari pembeli gas baru, kegiatan eksplorasi, dan pekerjaan pengembangan di blok Kangean untuk mempertahankan rasio penggantian cadangan migas yang lebih konsisten," jelas Direktur Utama & CEO EMP Syailendra S. Bakrie. 

Disamping itu, pengeluaran yang telah dilakukan Perusahaan untuk aset-aset yang sudah dimiliki maupun aset-aset yang baru juga memberikan dampak terhadap penurunan profitabilitas Perusahaan. Namun demikian EMP berharap untuk dapat merealisasikan hasilnya dan meningkatkan Pendapatannya di masa mendatang.

Kinerja per Kuartal

EMP menunjukan kinerja yang semakin membaik dari kuartal kedua ke kuartal ketiga di tahun 2023. Volume produksi minyak Perusahaan masih cukup konsisten di level sekitar 5.600 barel per hari. Adapun aset-aset Perusahaan lainnya seperti Bentu, Kangean, dan Sengkang mencatatkan peningkatan produksi gas masing-masing sebesar 4%, 6%, dan 2%. Oleh karenanya, Penjualan Bersih EMP meningkat sebesar 18% menjadi US$104 juta. EBITDA dan Laba Bersih Perusahaan juga mengalami kenaikan sebesar 20% dan 111% masing-masing menjadi US$60 juta dan US$19 juta.

EMP berharap untuk dapat mengkonsolidasikan beberapa aset berproduksinya yang baru saja dibeli di laporan keuangannya untuk periode Q4 2023. Selain itu, beberapa aset EMP, yaitu Malacca (minyak), Bentu (gas), dan Sengkang (gas) akan terus meningkatkan produksinya di Q4 2023 dan di sepanjang tahun 2024. 

"Manajemen EMP berkeyakinan untuk dapat membukukan kinerja produksi dan keuangan yang lebih baik di tahun 2024 dibandingkan dengan kinerja Perusahaan di tahun 2023," tutup Syailendra. RH


EMP Menyampaikan Kinerja Keuangan untuk Periode Q3 2023 EMP Menyampaikan Kinerja Keuangan untuk Periode Q3 2023 Reviewed by Ridwan Harahap on Rabu, November 01, 2023 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.