Sambut Pesta Demokrasi, Ini Kesiapan Pertamina Patra Niaga Jaga Distribusi BBM dan LPG


Jakarta, OG Indonesia --
Dal
am menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat membentuk Satgas Pengendalian dan Pemantauan Kelancaran Penyaluran BBM dan LPG Masa Pemilihan Umum 2024 untuk memastikan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan BBM dan LPG selama pelaksanaan agenda nasional yang meliputi masa kampanye hingga Pemilihan Umum 2024 yang telah dibentuk sejak tanggal 5 Februari 2024 sampai dengan 18 Februari 2024. 

Pada tanggal 14 Februari 2024 bangsa Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif, selama pelaksanaannya seperti aktivitas kampanye dapat berpotensi menimbulkan kemacetan dan menghambat kelancaran distribusi BBM dan LPG ke masyarakat di wilayah Regional Jawa Bagian Barat yang meliputi Propinsi Banten, Propinsi DKI Jakarta dan Propinsi Jawa Barat, untuk itu Pertamina perlu mempersiapkan diri untuk melakukan antisipasi kegiatan tersebut.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan bahwa Pertamina menyambut baik pesta demokrasi Pemilihan Umum Presiden, Wakil Presiden dan Legislatif tahun 2024 ini dan mengharapkan pelaksanaan agenda nasional tersebut dapat berjalan dengan aman, damai dan lancer.

“Untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat di wilayah Regional Jawa Bagian Barat, Pertamina Patra Niaga memiliki 6 Fuel Terminal, 4 LPG Terminal, 5 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), 1.578 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), 504 Outlet Pertashop, 203 Stasiun Pengisian Bahan Bulk Elpiji (SPBE), 3 SPBE Industri, 1.647 Agen LPG PSO, 259 Agen LPG NPSO dan 48.009 Pangkalan LPG PSO”, terang Eko, Sabtu (10/2/2024).

“Dalam menghadapi Pemilu 2024 ini Pertamina berkolaborasi dengan berbagai pihak diantaranya dengan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Dinas Perhubungan (Dishub), Jasa Marga dan instansi terkait lainnya untuk memastikan distribusi BBM dan LPG tidak mengalami kendala dalam memenuhi kebutuhan energi masyarakat di wilayah Propinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat”, tutup Eko.

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat menjamin keamanan dan kelancaran distribusi serta stok BBM dan LPG bagi seluruh masyarakat di wilayah Provinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Sementara itu di Sumatra Selatan, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga memastikan ketersediaan stok BBM dan LPG Pemilu 2024.

Dalam mengantisipasi kendala distribusi selama proses pemilihan umum Pertamina membentuk Satuan Tugas (Satgas) BBM dan LPG.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan Satgas Pemilu ini bertugas mulai 5 Februari 2024 hingga 18 Februari 2024 yang bekerja 24 jam untuk memastikan keamanan stok dan suplai BBM serta LPG, sehingga mendukung kelancaran Pemilu yang aman dan damai.

"Kami terus memastikan stok BBM dan LPG, untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir dalam ketersedian energi saat Pemilu," ungkap Nikho.

Pertamina mencatat di bulan Januari 2024, rerata konsumsi di wilayah Sumatera Selatan untuk produk Gasoline (Bensin) sekitar 2.572 KL dan untuk produk Gasoil (Solar) sekitar 1.687 KL. Sedangkan rerata konsumsi untuk LPG sekitar 845 MT.

Selain memastikan pasokan dan penyaluran BBM dan LPG, Pertamina telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan keamanan di seluruh sarana dan fasilitas operasi Pertamina.

Pertamina juga membuka layanan pengaduan dan informasi masyarakat yang dibuka 24 jam melalui Call Center Pertamina 135. Masyarakat yang membutuhkan informasi seputar produk-produk Pertamina seperti BBM, LPG atau ingin melaporkan kondisi BBM dan LPG di satu wilayah bisa menghubungi nomor telepon 135.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan stok energi nasional baik BBM, Avtur maupun LPG dalam keadaan aman. 

"Pertamina telah menyiapkan sarana dan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat selama periode libur dan menyambut Pemilu 2024," ujar Fadjar. RH

Sambut Pesta Demokrasi, Ini Kesiapan Pertamina Patra Niaga Jaga Distribusi BBM dan LPG Sambut Pesta Demokrasi, Ini Kesiapan Pertamina Patra Niaga Jaga Distribusi BBM dan LPG Reviewed by Ridwan Harahap on Sabtu, Februari 10, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.