Kumulatif Produksi Tembus 423 Juta BOE, PetroChina Terus Giatkan Eksplorasi dan Pengembangan di Blok Jabung


Jakarta, OG Indonesia --
PetroChina International Jabung Limited (PCJL) yang mengelola Wilayah Kerja Jabung mengungkapkan bahwa Blok Jabung sejak tahun 1993 sampai 2023 telah membukukan kumulatif produksi mencapai 423 juta barel setara minyak/Barrel Oil Equivalent (BOE). 
Rinciannya, untuk produksi minyak sebesar 97,06 juta BOE, kondensat sekitar 61,25 juta BOE, elpiji kurang lebih 112,37 juta BOE, dan Gas sales mencapai 152,48 juta BOE.

"Total pendapatan Pemerintah itu sebesar 13,94 miliar US Dollar. Jadi cukup signifikan menyumbang ke negara kita, Indonesia, untuk produksi dari Wilayah Kerja Jabung ini," kata Wicaksono, Reservoir Engineering Manager PetroChina International Jabung Ltd saat sesi Jabung Updates 2024 dalam acara PetroChina Media Gathering with Journalist di Jakarta, Senin (18/3/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Niko Saputra, Exploration Manager PetroChina International Jabung Ltd, menambahkan bahwa PCJL yang pada tahun lalu telah dipercaya kembali untuk mengelola Blok Jabung sampai tahun 2043, akan terus melanjutkan produksi dan pengembangan lapangan-lapangan migas yang saat ini sedang berproduksi demi mempertahankan dan atau meningkatkan produksi saat ini. 

Selain itu PCJL juga akan melaksanakan kegiatan eksplorasi untuk menemukan lapangan migas baru untuk dapat dikembangkan dan meningkatkan produksi migas di WK Jabung. "Kita tentunya kembali menggeliatkan kegiatan eksplorasi di Blok Jabung. Kita sejak Februari 2023 sampai Februari 2024 komitmennya hanya satu, G&G Study. Kemudian, dari eksplorasi kita mengampanyekan exploration acceleration program. Jadi beberapa program tahun kedua maupun ketiga sudah kita mulai eksekusi, termasuk di antaranya 2 sumur eksplorasi dan 3 survei seismik," beber Niko.

Sementara untuk aktivitas pengeboran, pada tahun 2024 ini PCJL akan melaksanakan pengeboran 9 sumur pengembangan, 23 sumur workover (kerja ulang) dan 194 well services (perawatan sumur). Selain itu PCJL juga akan membangun tambahan fasilitas produksi di lapangan Panen serta melaksanakan perbaikan rutin kompresor di beberapa fasilitas produksi. 

Penerapan teknologi baru untuk menjaga produksi juga dikerjakan, termasuk di antaranya electrical dan chemical stimulation, micro-LNG, WH compressor dan multiphase pump. "Saat ini kita juga sedang melakukan studi Pre-Feasibility EOR CO2 Injection dan Chemical Injection sebagai bagian dari Firm Commitment perpanjangan WK Jabung dan upaya PetroChina dalam mendukung target produksi tahun 2030 dan program Net Zero Emission tahun 2060," sambung Wicaksono. RH


Kumulatif Produksi Tembus 423 Juta BOE, PetroChina Terus Giatkan Eksplorasi dan Pengembangan di Blok Jabung Kumulatif Produksi Tembus 423 Juta BOE, PetroChina Terus Giatkan Eksplorasi dan Pengembangan di Blok Jabung Reviewed by Ridwan Harahap on Selasa, Maret 19, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.