Mengenal Teknologi Hydraulic Jet Pump dalam Produksi Migas

Dr. Ir. RS Trijana Kartoatmodjo memperkenalkan teknologi Hydraulic Jet Pump untuk produksi migas.
Foto: Ridwan Harahap

Jakarta, OG Indonesia --
 Dalam upaya meningkatkan produksi migas nasional, Asosiasi Perusahaan Migas Nasional (Aspermigas) mendorong pemanfaatan teknologi Hydraulic Jet Pump dalam kegiatan produksi migas di Tanah Air.

"Ini tanpa menggunakan rig, itu yang luar biasa, dengan seperti ini maka biaya operasional akan murah," kata Mustiko Saleh, Ketua Umum Aspermigas tentang teknologi Hydraulic Jet Pump dalam acara Technical Sharing Session dan Buka Puasa Bersama Aspermigas di Jakarta, Rabu (20/3/2024). 

"Performance dari peralatan ini menurut saya merupakan suatu yang luar biasa buat kegiatan migas di Indonesia. Aspermigas sebagai pendorong kepada pihak Pemerintah untuk mengoptimalisasi alat ini yang sangat berguna apalagi untuk perusahaan-perusahaan sekelas Aspermigas," sambungnya.

Dijelaskan Dr. Ir. RS Trijana Kartoatmodjo saat menyampaikan presentasi tentang pengenalan spesifik Hydraulic Jet Pump, teknologi ini mampu melakukan daya pemompaan Power Fluid berupa air ataupun minyak dengan tekanan dan laju tinggi dari permukaan untuk mengaktifkan/menggerakkan pompa downhole. 

"Power fluid adalah fluida yang akan mendorong minyak ke atas. Power Fluid ini masih bertekanan rendah, kemudian dengan bantuan pompa dinaikkan tekanannya menjadi tekanan tinggi. Dimasukkan ke dalam sumur, sudah bertekanan tinggi, kemudian dibantu oleh Jet Pump ini akan mengubah menjadi tekanan rendah tetapi kecepatan tinggi. Karena dia bertekanan rendah, maka fluida-fluida dari reservoir ini akan naik ke atas tercampur dalam difusser, lalu bersama-sama dengan Power Fluid dia terproduksi," papar Trijana.

Salah satu lapangan migas yang telah mengaplikasikan manfaat dari peralatan yang panjangnya hanya sekitar 1 meter ini adalah Lapangan Sembakung di Kalimantan Utara di mana kondisi infrastruktur jalannya sangat terbatas. Penerapan pompa jet hidrolik selama di Lapangan Sembakung dinilai dapat meningkatkan produksi migas di lapangan tersebut. RH


Mengenal Teknologi Hydraulic Jet Pump dalam Produksi Migas Mengenal Teknologi Hydraulic Jet Pump dalam Produksi Migas Reviewed by Ridwan Harahap on Sabtu, Maret 23, 2024 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.